Mengenal SPIRIT Dalam Meniti Karir

Sebagai Binusian tentu saja pasti  mengenal apa itu SPIRIT yang menjadi Binusian value. SPIRIT yang merupakan singkatan dari Striving for excellent, Preseverence, Integrity, Respect, Innovation, dan Team work. Dalam KBBI, arti kata spirit adalah semangat jiwa. Dengan ini semakin menegaskan bahwa value SPIRIT tidak akan ada artinya bagi seseorang jika tidak di tanamkan dalam hati dan diamalkan dalam kesehariannya. Oleh karena itu, value perlu untuk dihayati. Melalui SPIRIT Binusian, kita dapat melatih diri sedini mungkin sebagai langkah awal meniti karir.

Mengapa sebagai langkah awal?

Berdasarkan penjelasan Henry Simamora, Karir adalah rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan dan perilaku, nilai-nilai, dan aspirasi seseorang sepanjang hidup mereka. Oleh sebab itu, sebenarnya karir tidak hanya dimulai setelah lulus sekolah ataupun kuliah.

Penerapan SPIRIT Binusian tidak hanya untuk dikerjakan selama menjadi mahasiswa aktif di BINUS. Value SPIRIT juga perlu di hayati terus menerus dimanapun dan kapanpun. Dengan melakukan hal ini, secara otomatis, ketika lulus maka nilai-nilai yang tertanam tersebut telah tumbuh menjadi perilaku dan sikap kerja yang bagus. Sehingga proses menjelajahi meniti karir di dunia kerja akan lebih mapan.Mar i kita mengulik lebih detil SPIRIT Binusian yang dapat membawa seseorang menjadi bibit unggul dalam berkarir.

Striving for Excellent.
Artinya adalah memberikan yang terbaik. Tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk dimana kita berada. Tindakan dan sikap yang mencerminkan nilai ini antara lain : Tekun, Tangguh, memiliki kemauan yang kuat, bangkit dari masalah, unggul, berdaya juang, dan mau melakukan perbaikan terus menerus.

Preseverence
Artinya tekun dalam menyelesaikan tanggung jawab serta memberi lebih dari yang diharapkan. Tindakan dan sikap yang menggambarkan nilai ini antara lain : tidak mundur saat mengalami kendala, tidak mudah menyerah, persisten, memiliki keyakinan, fokus, disiplin, dan berinisiatif.

Integrity
Artinya berlaku sama ketika ada atupun tidak ada yang mengawasi. Tindakan dan sikap yang menggambarkan nilai ini antara lain : Jujur, transparan, dan berani melakukan yang benar.

Respect
Artinya mengahargai semua orang dan pekerjaan. Tindakan dan sikap yang menggambarkan nilai ini antara lain : Peduli, membumi, rendah hati, menerima perbedaan, menghargai keberadaan orang lain, adil tidak diskriminatif, memberikan pengakuan pada diri sendiri maupun orang lain, dan berkontribusi.

Innovation
Artinya mampu melahirkan ide baru yang cemerlang tanpa menghapuskan ciri khas yang ada sebelumnya. Tindakan dan sikap yang menggambarkan nilai ini antara lain : Melihat kedepan, mengetahui kebutuhan, dan melakukan persiapan kebutuhan.

Teamwork
Artinya mampu bekerja sama. Merupakan keluaran dari gabungan semua soft-skill maupun technical-skill yang ada pada sebuah kelompok sehingga mampu menjalankan suatu projek. Tindakan dan sikap yang menggambarkan nilai ini antara lain : kolaborasi, memiliki tujuan bersama, saling membangun, dan berkomunikasi efektif.

Nah, sekarang jelaskan kenapa SPIRIT bisa menjadi langkah awal meniti karirmu. Mulailah menjiwai SPIRIT dalam keseharianmu ya.

Created by.
Ajeng Diah Hartawati