Buat HR Tertarik Dengan Kamu

Hii binusian.

Tanpa terasa semester genap ini akan berakhir, dan kamu bersiap-siap untuk masuk di semester ganjil. Nah bagi kamu yang sedang bersiap-siap untuk internship atau bekerja, ada beberapa hal nih yang bisa bikin tim HR tertarik dengan kamu.

1. Pakai nama email yang terlihat professional
Penting bagi kamu untuk menggunakan email dengan nama asli sesuai KTP kamu. Karena hal itu akan menunjukkan sisi professional kamu. Misalnya menggunakan nama depan atau belakang. Apabila nama kamu termasuk panjang terdiri dari 4 kata, kamu bisa memotongnya dengan membuat singkatan pada akun email kamu. Pastikan kamu menggunakan akun email yang aktif di HP kamu, jadi setiap saat kamu bisa langsung merespon.

2. Tulis informasi lengkap di Subjek dan Body Email
Penulisan nama dan jabatan yang dilamar akan mempermudah tim HR untuk mengecek data kamu. Selain itu juga membuat ringkasan dari CV akan memberikan gambaran singkat mengenai diri kamu pada surat lamaran dalam body email yang kamu kirimkan.

3. Berikan CV yang Menarik
Menuliskan pengalaman yang relevan denga posisi yang kamu lamar, akan memudahkan tim HR untuk mengecek kualifikasi kamu. Selain itu juga, design yang menarik dari CV akan membuat HR menjadi lebih tertarik untuk mengecek CV kamu. Ingat ya satu posisi bisa jadi yang melamar bukan hanya kamu saja, tapi ada banyak yang apply juga.

4. Lampirkan dokumen penting
Setelah kamu menuliskan surat lamaran dalam body email, kamu juga perlu mencantumkan CV (dengan format PDF), dokumen pendukung seperti Ijazah, Form penilaian semester, ataupun portofolio.

 

Nah cukup mudah bukan untuk bikin HR tertarik ama lamaran kamu.
Bisa mulai kamu terapin ??

 

Disusun oleh: Ira Setyawati

Sumber dari:

Laraspati, A. (2020). Infografis Tips Cepat Diterima Interview Kerja. Retrieved From https://finance.detik.com/infografis/d-4932514/tips-cepat-diterima-interview-kerja