Asah Social Awareness dari Sekarang

Perkembangan teknologi saat ini memberi dampak besar bagi berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah aspek sosial. Menjalin hubungan sosial tidak lagi hanya melalui pertemuan langsung bertatap muka tetapi juga melalui berbagai media sosial di dunia digital. Hal ini menjadi sarana dan jalan yang mempermudah dan memperluas jangkauan dalam bersosialisasi. Proses interaksi dan bertukar informasi antar lokasi bahkan antar negara pun menjadi sesuatu yang mudah bagi kita. Bagi banyak orang menjadi sangat menarik dan asik untuk menjelajahi dunia hanya dari satu tempat dan cepat. Akan tetapi, sadar kah kamu bahwa kemajuan teknologi di sisi lain juga menimbulkan beberapa dampak negatif bagi salah satu aspek penting bagi perkembangan diri loh, yaitu Social Awareness.

Apa sih Social Awareness itu? Dan kenapa hal tersebut penting?

Social awareness adalah kemampuan untuk bisa membaca, menyadari, serta memahami apa yang dialami oleh orang disekitarnya dan lingkungannya. Pemahaman ini menjadi dasar untuk bertindak secara tepat dalam situasi yang sedang dialami oleh diri dan juga orang lain di sekitar. Ketepatan membaca merupakan dasar penting untuk mengambil setiap langkah berikutnya. Hal ini berkaitan dengan pola interaksi, kemampuan komunikasi, dan kesadaran untu merespon kebutuhan orang terdekat.

Seringkali rendahnya social awareness akan membuat seseorang memiliki pola interaksi yang kurang adaptif, cenderung menarik diri, kesulitan dalam berkomunikasi, dan kurang peka pada orang lain atau lingkungan sekitar, Hal ini dikarenakan komponen dari social awareness antara lain :

  1. Reading Verbal and Non-Verbal
    Komponen ini adalah kemampuan membaca bahasa verbal maupun non-verbal dari orang lain. Bahasa verbal mencakup kata-kata yang diucapkan ataupun yang tersirat. Sedangkan bahasa non-verbal mencakup ekspresi, intonasi, ekspresi, dan gestur.
  2. Empathy
    Kemampuan untuk ber-empati, yaitu memiliki radar untuk bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain tanpa ‘terjebak’ dalam perasaan itu. Seperti sedih, senang, putus asa, galau, enjoy, dll.
  3. Validating Emosi
    Kemampuan yang merupakan bagian dari kunci berempati yaitu mengenali dan menghargai perasaan orang lain serta tidak menganulir perasaan orang lain.
  4. Reading Organization
    Kemampuan bisa membaca realita sebuah situasi dan berbagai keterkaitannya. Kadang apa yang tertulis, tampak terjadi di suatu lokasii atau sebuah situasi itu bukanlah apa yang sebenarnya terjadi.
  5. Kemampuan mengenali berbagai pola interaksi
    Kemampuan yang terkait dengan mengenali, menghafal serta memahami pola kebiasaan, pola sikap dan pola respon orang-orang yang ada di sekeliling.

Lalu bagaimana caranya untuk membangun social awareness pada diri?
Mulailah dari sekarang juga untuk :

  1. Mengembangkan empati
  2. Meningkatkan rasa peduli anda dengan orang lain
  3. Tinggalkan sifat anda yang acuh
  4. Kenali emosi Anda sendiri
  5. Jadilah pendengar yang baik

Banyak perusahaan sekarang memasukkan social awareness menjadi salah satu value kerja. Pandangan ini mengacu pada komponen-komponen self awareness, yang telah dijelaskan di atas, merupakan jalan untuk mencapai lingkungan kerja positif yaitu nyaman, persaingan yang sehat, saling mendukung, mempermudah kolaborasi. Ketika lingkungan kerja positif maka kinerja orang-orang dalam perusahaan tersebut akan menjadi lebih optimal. Kinerja yang optimal akan memberikan keuntungan bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Saat Perusahaan tumbuh dan berkembang maka perusahaan pun akan semakin banyak dapat berbagi kepada anggotanya, kepada lingkungan sekitarnya, maupun lingungan secara lebih luas. Contohnya seperti dibukanya lowongan pekerjaan dan mampu memperkerjakan lebih banyak orang, berjalannya program-program CSR, dan juga berbagi keuntungan dengan para pemilik maupun karyawan dari segi finansial.

Jika kamu ingin sukses dalam berkarir dan juga bagian kehidupan kamu yang lainnya, kamu bisa memulainya dari mengasah social awareness-mu sekarang. Tidak ada kata terlambat. Selamat mencoba.

 

Created by.
Ajeng Diah Hartawati