Apapun Jurusanmu Milikilah Skill Ini

Tahukah kamu bahwa dalam dunia kerja diperlukan kemampuan nyata yang tidak hanya sekedar pengetahuan saja. Jika dalam ujian kelulusan sekolah kamu perlu menjawab soal-soal pertanyaan berdasarkan materi pelajaran yang dihafalkan, maka dalam dunia kerja kamu perlu merealisasikan pengetahuanmu menjadi sebuah aksi nyata.

Apa itu aksi nyata? Aksi nyata adalah perubahan bentuk dari pengetahuan menjadi sebuah kemampuan yang di realisasikan. Kemampuan ini dapat berbentuk Hard-Skill dan juga Soft-Skill. Jika kamu ingin sukses dalam berkarir, pahami dan milikilah kedua kemampuan tersebut.

Hard-Skill adalah kemampuan spesifik yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis atau praktis untuk bidang tertentu dan posisi tertentu. Sedangkan soft-skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan diri dan berinteraksi. Kemampuan ini dapat berkembang optimal ketika ada kesadaran diri untuk mengembangkannya dan karena terbiasa.

Jurusan tertentu biasanya akan condong untuk mengasah hard-skill tertentu, contohnya jurusan perhotelan makan akan belajar teknis-teknis pekerjaan di perhotelan, jurusan Teknik mesin akan belajar teknis menggunakan atau mengelola mesin, jurusan kedokteran akan belajar teknis prosedur pemeriksaan, diagnosa, pengobatan hingga tindakan kepada pasien. Sedangkan semua jurusan biasanya membutuhkan soft-skill yang sama untuk dapat sukses dan mengembangkan karir. Berikut ini soft-skill yang perlu kamu ketahui, miliki, dan terus mengembangkannya :

  1. Digital & Technology Fluency
    Kemampuan untuk memahami informasi dan mengkomunikasikan ide secara efektif dan etis melalui media digital yang terkoneksi dengan seluruh dunia, menggunakan kemajuan teknologi untuk menjadi lebih bermakna, dan menciptakan sesuatu.
  2. Applied Management Skills
    Kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dan untuk menampilkan sikap kerja terbaik melalui pengorganisasian dan perencanaan yang tersistematis.
  3. Critical & Creative Thinking
    Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi dan menganalisis informasi, mengklarifikasi sebuah konsep dan ide-ide, mencari kemungkina-kemungkinan, bertindak dan berefleksi, mempertimbangkan berbagai alternatif, dan menyelsaikan permasalahan.
  4. Adaptability
    Kesediaan dan kemampuan untuk berfikir, bersikap, dan merespon secara efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  5. Initiative
    Self-starting, proaktif, dan gigih. Yaitu karakter perilaku yang berasal dari dorongan dalam diri untuk memulai sebuah tindakan tanpa ditarik/diminta ataupun didorong/disuruh oleh orang lain.
  6. Growth Mindset
    Keyakinan yang mendasar untuk mau terus belajar, berusaha, mengembangkan kemampuan, strategi, dan membantu orang lain.
  7. Social Awareness  
    Kemampuan untuk mengambil perspektif lain dan berempati kepada orang lain dari berbagai latar belakang dan budaya untuk memahami berbagai norma sosial dan etika dalam keluarga, sekolah, maupun lingkungan sekitar.

 

Created by.
Ajeng Diah Hartawati