Tips Trik Agar Lulus Psikotest Saat Proses Seleksi

Pada tahap seleksi pekerjaan psikotes sering menjadi tantangan tersendiri yang membutuhkan persiapkan khusus oleh pelamar. Umumnya psikotes bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mental, kepribadian, dan potensi calon karyawan. Tidak sedikit calon karyawan mengeluh ketika mengahdapi ujian psikotest, lalu bagaimana caranya agar dapat menghadapainya dengan baik?

  1. Mengetahui definisi tes psikologi
    Ada banyak jenis tes psikologi yang sering digunakan untuk seleksi karyawan. Sebelum mengikuti psikotes lebih baik kamu melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu bisa menyusun strategi dalam mengerjakan soal, lebih familiar, dan semakin paham bagaimana cara untuk mengerjakannya.
  1. Atur waktu dengan baik
    Waktu adalah salah satu hal krusial dalam mengerjakan psikotes. Untuk membiasakan diri cobalah untuk berlatih menjawab soal dengan waktu yang terbatas guna meningkatkan kecepatanmu. Biasakan diri dengan suasana ujian serupa sehingga kamu tidak terburu-buru atau kehilangan fokus selama sesi psikotest.
  1. Jangan ragu untuk menjawab
    Banyak rekomendasi untuk mengerjakan dahulu pertanyaan yang mudah kemudian baru menyelesaikan tingkat yang lebih sulit. Saran ini tidak sepenuhnya salah namun bukan berarti berfungsi untuk semua orang. Bagi yang tidak mampu untuk mengatur waktu dengan baik bisa saja malah banyak yang akan terlewat karena akan banyak kehilangan waktu saat pengisian karena kamu harus melihat kembali mana saja soal yang belum dikerjakan.
  1. Istirahat dan makan dengan baik sebelum psikotest
    Pastikan kamu memiliki istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi sebelum mengikuti psikotest. Kondisi fisik yang baik akan mempengaruhi performa khususnya mentalmu. Hindari stress berlebihan dan pastikan tubuh dan pikiran dalam kondisi yang optimal.
  1. Membaca pertanyaan dengan teliti
    Strategi ini sangat penting untuk dilakukan saat sedang mengerjakan segala jenis tes. Terkadang banyak peserta yang terkecoh karena sudah merumuskan jawaban padahal soal belum terbaca sepenuhnya. Hal tersebut dapat menyebabkan kamu kehilangan informasi penting atau bisa saja salah dalam menjawab pertanyaan tersebut.
  1. Persiapkan diri secara mental
    Psikotes tidak hanya menguji kemampuan akademis namun juga kestabilan emosional. Persiapkan mental dengan cara mengembangkan sikap positif dan percaya diri. Yakinkan diri bahwa psikotes adalah salah satu bagian dari proses seleksi dan kamu memiliki banyak kelebihan lainnya yang dapat kamu tawarkan.

Dengan persiapan matang dan pendekatan yang tepat kamu bisa mengerjakan psikotes dengan baik. Ikuti tips dan trik diatas agar dapat membantu meningkatkan peluang lolos dalam tahap penting seleksi karyawan. Ingatlah bahwa setiap upaya yang kamu lakukan untuk mempersiapkan diri akan membawamu lebih dekat kepada kesuksesan.

Referensi :
https://www.umn.ac.id/8-tips-hadapi-ujian-psikotes/

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog