Lolos Seleksi Focus Group Discussion (FGD)

Seleksi Focus Group Discussion (FGD) adalah salah satu tahapan dalam proses seleksi misalnya dalam pekerjaan, program studi, atau proyek tertentu. FGD dilakukan sebagai proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah tertentu. Selain itu, FGD juga digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk mengidentifikasi individu yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, penting bagi peserta seleksi untuk mempersiapkan diri dengan baik agar lolos pada tahap FGD. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantumu dalam meraih keberhasilan dalam seleksi FGD :

  1. Tunjukkan Inisiatif
    Inisiatif yang ditunjukkan peserta dalam menjawab pertanyaan atau berargumen akan menunjukkan bahwa peserta tersebut memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa percaya diri yang baik. Peserta yang bisa memulai diskusi, memberikan solusi, dan mengingatkan terkait durasi waktu akan mendapatkan poin lebih.
  1. Berikan ide dan solusi yang relefan
    Saat FGD berlangsung penyelenggara akan melempar isu-isu yang sedang hangat untuk dibahas. Kamu bisa menyampaikan ide dan solusimu terhadap masalah yang dipaparkan. Jika perlu kamu bisa menjelaskan dengan papan tulis seperti sedang berpresentasi. Pengawas akan melihat bagaimana caramu menyampaikan ide dan solusi saat di ruang diskusi.
  1. Menyanggah pendapat dengan asertif
    Komunikasi secara asertif artinya dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat tanpa menyakiti perasaan orang lain. Dalam proses diskusi tidak jarang terjadi perbedaan pendapat. Apabila hal itu terjadi kamu tidak perlu merespons dengan amarah ataupun kata-kata yang cenderung menyerang. Kamu bisa memberikan apresiasi terlebih dahulu atas pendapat dari lawan bicaramu agar mereka merasa dihargai lalu sampaikan usulan ide atau gagasanmu. Hindarilah memberikan pendapat dengan emosional kemudian terjebak pada debat kusir.
  1. Perhatikan etika
    Proses FGD memiliki tujuan utama yaitu mencari informasi dan melakukan seleksi. Akan tetapi, kita juga harus menjunjung sikap dan etika selama proses berlangsung misalnya dengan berbicara secukupnya dan tidak terlalu dominan, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan pendapat, menyanggah sesuai dengan ketentuan dan mendengarkan opini peserta lain hingga akhir. Apabila semua orang dapat menjunjung tinggi etika maka proses FGD akan berjalan lebih efektif dan efisien.
  1. Pelajari Materi
    Pada beberapa kesempatan tidak jarang sebelum hari H peserta akan diberitahu topik yang akan dibahas. Gunakan kesempatan ini dengan membaca materi sebanyak mungkin, mencari data terkini, berita atau penelitian yang relevan dengan materi. Buatlah catatan-catatan dengan membuat poin-poin penting.

Ingatlah untuk tenang, percaya diri, dan menunjukkan kemampuan serta kepribadian yang membuat kamu menjadi kandidat yang diinginkan oleh pihak yang bersangkutan.

Referensi :
https://kampuspsikologi.com/tips-fgd/
https://chat.openai.com/c/af90587c-4d97-4a1d-9d44-8155d54c5b1d

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog