Agility in The Workplace

Student Career Development Binus University merupakan salah satu divisi yang rutin mengadakan kegiatan webinar persiapan karir untuk para Binusian. Pada Senin, 25 September 2023 diadakan webinar yang berjudul “How to Improve Agility in The Workplace” dengan narasumber Bapak Ahmad Marwadi. Beliau merupakan Talent Acquisition Division Head MNC Bank. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui bahwa agility merupakan kemampuan yang penting untuk dipersiapkan dalam berkompetisi dan eksis di dunia kerja. Acara ini diikuti oleh mahasiswa BINUS dari berbagai region kampus BINUS.

Agility secara konsep berkaitan dengan sikap tangkas, gesit, cekatan, dan lincah dalam konsep pekerjaan dan di ranah ruang lingkup perusahaan. Ketika memasuki dunia kerja, para fresh graduate banyak yang bertahan kurang dari 1 tahun. Menurut analisa pak Ahmad, ia melihat karena merasa bosan, kurangnya gaji yang diinginkan, mencari pengalaman singkat, jenjang karir yang pendek, tidak dapat menaati SOP yang telah dibuat & diimplementasikan di perusahaan, tidak cocok dengan supervisor dan pekerjaan yang dilakukan, mendapatkan tawaran dari perusahaan lain, merasa cukup di pekerjaan saat ini dan berpikir untuk mencari tantangan ditempat yang baru.

Bapak Ahmad menjelaskan beberapa poin penting dari agility, yaitu 1) Tidak takut atas perubahaan, 2) Bisa menjadi pendengar yang baik, 3) be proaktif, 4) be a good communicator, 5) Mampu beradaptasi dengan segala situasi. Seseorang yang memiliki tingkat agility tinggi dapat diartikan ia memiliki jiwa yang tangguh. Pemberani, memiliki energi yang bersal dari motivasi internal, berfokus pada mencari solusi dari masalah yang hadir sehingga tidak mudah lari hanya karena masalah.

Cara untuk meningkatkan agility adalah kita jangan terlalu banyak berpikir, lebih berfokus pada take action, dan kita bisa memberikan dampak positif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Memiliki agility bukan berarti perlu memaksakan kehendak atau tidak mau menerima masukan, melainkan kita bisa memberikan ide-ide baru untuk digunakan dalam memecahkan masalah dan mau terlibat pada kegiatan yang ada di perusahaan. Agility yang tinggi pada anggota atau karyawan akan sangat berperngaruh pada keberlangsungan hidup dan perkembangan kelompok atau perusahaan.

Penulis : Ardhia Indah Cahyani
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog