Technology and Effect to Our Mental Health

Teknologi saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Perkembangan teknologi saat ini ditandai dengan adanya otomasi, kecerdasan buatan, dan realitas virtual. Hadirnya teknologi di era industry 4.0 tidak hanya memberikan dampak positif berupa kemudahan dan keuntungan namun juga berdampak negatif pada kesehatan mental kita. Dampak positif yang dihasilkan teknologi pada kesehatan mental antara lain :

  1. Mudahnya akses sumber daya kesehatan mental
    Teknologi membuat kita semakin mudah untuk mengakses informasi dan dukungan dengan lebih mudah. Misalnya saat ini banyak aplikasi atau situs yang membahas tentang kesehatan mental, forum dukungan online, atau layanan konseling secara jarak jauh.
  1. Konektivitas Sosial
    Media sosial dapat memungkinkan untuk tetap terhubung dengan teman atau keluarga dengan jarak jauh. Hal ini dapat memudahkan kita mendapat dukungan sosial dan selalu terkoneksi menggunakan media sosial.
  1. Alat pelacak kesehatan mental
    Saat ini bermunculan aplikasi dan perangkat yang dirancang untuk membantu seseorang dalam mengelola kesehatan mental mereka. Misalnya aplikasi untuk melacak suasana hati, atau sekedar konsultasi.

Selain dampak positif yang dihasilkan, ada banyak tantangan harus dihadapi di era perkembangan teknologi terhadap kesehatan mental. Tantangan yang harus dihadapi antara lain:

  1. Ketergantungan dan gangguan
    Penggunaan yang berlebihan atau obsesif terhadap teknologi dapat menyebabkan ketergantungan yang merugikan dan gangguan misalnya kecemasan dan depresi. Kamu bisa menerapkan batas waktu penggunaan media sosial untuk menghindari menghabiskan waktu terlalu banyak secara tidak produktif. Gunakan pengingat waktu layar yang sudah banyak tersedia di smartphone.
  1. Pembanding sosial
    Media sosial yang merupakan salah satu contoh dari perkembangan teknologi sering kali menjadi tempat untuk membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan perasaan rendah diri, cemburu, atau kesombongan yang tidak sehat. Kamu bisa lebih bijak untuk memilih konten media sosial yang mendukung kesehatan mental dan membuka wawasanmu daripada konten-konten yang dapat mengakibatkan pembanding sosial dan hal negatif lainnya.
  1. Gangguan Tidur
    Smartphone sebagai salah satu teknologi yang saat ini hampir dimiliki oleh semua orang memancarkan paparan cahaya biru yang dapat menganggu kesehatan mata dan dapat menyebabkan masalah tidur seperti insomnia. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa meluangkan waktu untuk istirahat dari teknologi secara teratur. Pisahkan diri dari layar untuk beraktivitas di luar atau melakukan kegiatan yang menyenangkan tanpa gadget.

Dengan kesadaran yang tepat dan praktik yang sehat, teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan mental kita. Gunakan teknologi dengan bijak dan seimbang untuk mencegah dampak negatif pada kesehatan mental.

Referensi :
https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/10/17/penggunaan-teknologi-memengaruhi-kesehatan-mental
https://www.youngontop.com/pengaruh-penggunaan-teknologi-terhadap-kesehatan-mental/

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog