Pentingnya Job Offering

Job offering atau penawaran pekerjaan merupakan salah satu langkah di akhir proses seleksi. Tidak hanya sekedar memberikan deskripsi pekerjaan, job offering memiliki peran yang signifikan dalam beberapa hal lainnya, antara lain :

  1. Menciptakan citra perusahaan yang positif
    Job offering dikirimkan kepada pelamar sebelum kontrak kerja di tandatangani. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk menciptakan citra perusahaan yang positif. Melalui job offering perusahaan dapat menyampaikan nilai-nilai perusahaan, budaya kerja dan komitmen terhadap pengembangan karyawan.
  1. Mengkomunikasikan kompensasi dan manfaat
    Didalam job offering akan dituliskan tentang paket kompensasi dan manfaat yang ditawarkan perusahaan. Hal ini membantu karyawan potensial untuk memahami nilai total yang mereka terima, menciptakan transparasi, dan membangun kepercayaan.

Setelah kamu menerima job offering kamu mempunyai kesempatan untuk melakukan review segala hal detail yang tercantum dalam offering letter. Dalam tahapan ini kamu bisa menegosiasikan sebelum memberikan tanda tangan pada offering letter tersebut. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu negosiasikan :

  1. Besar Gaji
    Sebelum melakukan negosiasi gaji langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Lakukan riset terkait besaran gaji yang sesuai dengan pengalaman, jabatan, market perusahaan dan lain-lain. Hal tersebut bertujuan agar gaji yang kamu terima sesuai dan tidak underpaid atau bahkan tidak terlalu besar saat negosiasi.
  1. Waktu bekerja
    Seiring berkembangnya zaman dan era globalisasi saat ini ada banyak pilihan system bekerja misalnya Work from Office, Work form home, atau hybrid. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan negosiasi dengan user atau recruiter. Jangan lupa sampaikan pertimbanganmu dengan baik agar mencapai win-win solution.
  1. Benefit
    Tidak hanya gaji dengan nominal uang tunai namun perusahaan biasanya akan memberikan sejumlah benefit, misalnya asuransi, THR, bonus, tunjangan, atau benefit khusus lainnya. Setiap perusahaan pasti memiliki standar dan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu bisa bertanya dan bernegosiasi terkait benefit yang kamu dapat. Bisa jadi gaji pokok tergolong biasa saja, tetapi ada manfaat-manfaat lain yang akan diberikan oleh perusahaan kepada kamu yang juga bisa memenuhi kebutuhanmu.

Kesimpulannya, job offering bukan hanya tentang pemberitahuan bahwa seseorang ditawarkan suatu posisi di sebuah Perusahaan tetapi juga memuat banyak informasi yang bisa menjadi pertimbangan apakah orang tersebut mengambil kesempatan untuk bekerja di suatu perusahaan. Apabila kamu mendapatkan job offering pahamilah beberapa hal di atas dengan baik ya !

Referensi :
https://blog.klob.id/2022/11/11/hal-yang-bisa-kamu-negosiasikan-saat-job-offering/
https://glints.com/id/lowongan/offering-letter/

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog