Kemampuan Beradaptasi Dalam Karir

Di era modern saat ini banyak hal yang dapat memungkinkan adanya perubahan yang cepat dan tidak terduga. Kemajuan teknologi, perubahan lingkungan, dinamika pasar global menjadi sebab setiap individu untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat dan efektif. Akibatnya, kemampuan beradaptasi menjadi hal penting untuk mencapai kesuksesan karir. Kemampuan beradaptasi dapat dilatih dan dikembangakan, khususnya dalam hal beradaptasi dalam karir, antara lain :

  1. Belajar terus menerus
    Pendidikan dan pelatihan tingkat lanjut merupakan investasi penting. Melalui kursus, seminar, dan pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan dapat menambah dan memperbarui khasanah ilmu pengetahuan dan keterampilan.
  1. Fleksibilitas mental
    Kita perlu untuk bersikap terbuka terhadap ide-ide baru atau pendekatan yang berbeda. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan beradaptasi. Fleksibilitas mental membuat seseorang lebih mampu menerima perubahan dan mudah dalam mencari cara baru dalam menyelesaikan masalah.
  1. Kemampuan berfikir kritis
    Kemampuan berfikir kritis dapat membantu individu dalam mengevaluasi situasi dengan cepat dan membuat keputusan yang tepat dalam perubahan kondisi.
  1. Komunikasi efektif
    Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja, atasan, dan bawahan diperlukan untuk mengurangi kebingungan dan memastikan semua pihak memahami tujuan dan peran masing-masing.
  1. Mengelola stress
    Setiap individu pasti memiliki tantangan pribadi. Oleh karena itu, mengelola stress menjadi kunci untuk tetap tenang dan fokus dalam menghadapi perubahan. Kamu bisa melatih kemampuan ini melalui meditasi, olahraga, atau mengikuti hobi yang menyenangkan agar dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan kemampuan beradaptasi.

Selain itu, kemampuan beradaptasi terbukti dapat mempengaruhi kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Kesejahteraan subjekif meliputi perasaan individu terhadap kebahagiaan, kepuasan, hidup, dan keseimbangan emosional. Ketika mengembangkan keterampilan beradaptasi, individu dapat menghindari adanya stress akademik, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan resiliensi sehingga dapat mempersiapkan karir dengan lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi individu khususnya mahasiswa untuk terus mengasah kemampuan beradaptasi agar mencapai kesejahteraan subjektif dan karir yang baik.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.researchgate.net/publication/376805992_Career_Adaptability_and_Student_Subjective_Wellbeing