Encore Career

Saat ini konsep karir tidak hanya terbatas pada satu jalur linear dari pendidikan hingga pensiun. Setelah pensiun banyak individu yang mencari tantangan baru dan kesempatan untuk memberikan kontribusi kembali. Salah satu konsep yang popular dalam hal ini adalah “Encore Career” atau “karir encore”.

Encore Career adalah suatu konsep yang menjelaskan pada pekerjaan atau aktivitas professional yang dikerjar oleh individu setelah menyelesaikan karir utama mereka. Proses ini biasanya dilakukan oleh individu yang sudah memasuki masa pensiun di usia 50 tahun keatas. Karir yang biasanya ditekuni adalah kegiatan yang berdampak positif misalnya sektor nirlaba, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan masyarakat.

Ketika mengerjar encore career individu didorong oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Keinginan untuk memberikan makna
    Bagi sebagaian individu yang telah mencapai kestabilan finansial encore career digunakan sebagai sarana kontribusi pada masyarakat atau mengerjar passion yang selama ini belum bisa tersalurkan.
  1. Kebutuhan finansial
    Tidak menutup kemungkinan beberapa orang tetap akan bekerja untuk memenuhi kebutuhan finansial dan menutup biaya hidup yang semakin meningkat.
  1. Kesehatan mental dan fisik
    Ketika seseorang pensiun segala rutinitasnya akan berubah dan bisa saja dapat menyebabkan stress. Encore career mengharuskan individu untuk tetap aktif dan produktif agar dapat menjaga kesehatan mental dan fisik.

Mengikuti encore career akan dapat memberikan manfaat untuk individu misalnya menjaga diri agar tetap aktif dan terlibat dipekerjaan sehingga dapat meningkatkan kepuasan hidup, dapat membangun jaringan sosial yang baru, berkontribusi pada pelayanan masyarakat dan memberikan kesempatan untuk dapat membuat perubahan positif.

Dibalik adanya banyak manfaat, melakukan encore career juga memiliki tantangan yang wajib dihadapi, misalnya teknologi yang semakin meningkat sehingga mengharuskan individu harus beradaptasi dengan perubahan teknologi, diskriminasi berbasis usia di tempat kerja, ataupun harus dapat menjaga keseimbangan antara tanggung jawab keluarga dan komitmen kerja.

Encore Career secara keseluruhan dapat memberikan kesempatan individu untuk mengejar passion, berkontribusi di masyarakat, dan tetap aktif di usia tua. Bagi inidividu yang ingin melakukan langkah ini perlu untuk melakukan perencanaan, mengasah keterampilan baru, dan memanfaatkan jaringan yang ada untuk memaksimalkan potensi dan dampak dari encore career.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.researchgate.net/publication/376725516_BRIDGE_EMPLOYMENT_OR_ENCORE_CAREER_PREDICTORS_THAT_DISTINGUISH_LATER_LIFE_CAREER_TRANSITIONS/link/65857c5a6f6e450f1993ac93/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19