Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir

Pemilihan karir adalah salah satu keputusan krusial dalam hidup seseorang yang akan berdampak luas serta jangka panjang pada berbagai aspek kehidupan. Bukan hanya tentang menemukan pekerjaan yang memberikan penghasilan namun juga tentang pekerjaan yang memberikan kepuasan, kesempatan berkembang, dan keseimbangan hidup yang sehat. Proses pemilihan karir dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain :

  1. Minat dan bakat
    Individu cenderung akan memilih karir sesuai dengan minat karena pekerjaan tersebut akan lebih memotivasi dan memberikan kepuasan. Bakat dan kemampuan alami juga memainkan peran penting karena individu akan cenderung lebih sukses dalam bidang yang sesuai dengan kemampuan mereka.
  1. Kepribadian
    Kepribadian seseorang termasuk aspek keterbukaan, ekstroversi, kesadaran, dan stabilitas emosional berperan dalam pemilihan karir. Contohnya orang yang ekstrovert biasanya akan lebih menyukai pekerjaan yang melibatkan interaksi sosial, sedangkan individu yang memiliki kesadaran yang tinggi cenderung akan tertarik pada pekerjaan yang membutuhkan ketelitian.
  1. Pengaruh keluarga
    Keluarga sering menjadi sumber utama dukungan dan pengaruh dalam hal pemilihan karir. Hal ini biasanya disebabkan orang tua atau anggota keluarga lain yang mungkin memiliki harapan atau preferensi tertentu yang mempengaruhi keputusan karir. Selain itu, latar belakang pendidikan dan pekerjaan keluarga juga bisa membentuk pandangan dan pilihan karir individu.
  1. Ekonomi dan peluang kerja
    Kondisi ekonomi dan peluang kerja yang tersedia di pasar kerja merupakan salah satu faktor penting. Individu cenderung akan memilih karir yang menawarkan kemanan dalam hal finansial melalui prospek penghasilan yang baik. Industri yang sedang berkembang atau memiliki permintaan tinggi biasanya menjadi pilihan utama bagi banyak orang.

Pemilihan karir merupakan suatu yang komplek dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Secara garis besar aspek yang berpengaruh pada pemilihan karir adalah dari diri sendiri dan keluarga. Penting bagi kita yang sedang memulai melakukan pemilihan karir untuk memahami faktor-faktor diatas. Pemilihan karir yang tepat akan memberikan kepuasan bagi diri sendiri. Kamu juga bisa meminta bantuan kepada konselor karir atau program bimbingan karir untuk menganalisa dan mengevaluasi faktor-faktor untuk menentukan jalur karir yang paling sesuai.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.researchgate.net/publication/377120290_Student_Careers_What_Factors_Influence_Career_Choice