Manfaatnya Mengikuti Workshop Persiapan Karir

Apakah sebelumnya kamu telah familiar dengan istilah workshop ? Banyak orang beranggapan bahwa workshop adalah sama dengan seminar. Pada dasarnya workshop dan seminar memiliki perbedaan antara lain biasanya workshop diikuti oleh lebih sedikit peserta, workshop menuntut pesertanya lebih aktif melalui diskusi dua arah, durasi workshop lebih lama dan pembahasannya lebih mendetail. Melalui metode ini, workshop dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi individu yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja atau meningkatkan karir. Manfaat workshop untuk persiapan karir antara lain :

  1. Menambah pengetahuan dan keahlian
    Melalui workshop akan dijelaskan pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pekerja. Contoh dari materinya adalah pengantar memasuki dunia kerja, cara berkomunikasi, tata krama di tempat kerja, dan tata cara wawancara kerja. Selain materi, peserta akan diberikan praktek langsung untuk mengasah keterampilannya, misalnya cara menjawab pertanyaan interview menggunakan metode STAR. Pembelajaran ini akan memudahkan peserta ketika mencari pekerjaan ataupun beradaptasi dengan pekerjaan barunya nanti.
  1. Memperoleh kesempatan langsung untuk belajar dengan pakar
    Pemateri sebuah workshop berasal dari orang-orang yang ahli pada masing-masing bidang. Oleh karena itu, kita bisa belajar banyak melalui pengalaman mereka. Dengan cara ini kita bisa belajar dan mencontoh pakar tersebut hingga mencapai kesuksesan.
  1. Membentuk jaringan professional
    Mengikuti workshop akan memberikan kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dari latar belakang pendidikan dan ahli yang sangat beragam. Membangun relasi dan jaringan professional sangat berguna untuk meningkatkan peluang kerja di masa depan ataupun menciptakan kolaborasi bisnis sesuai dengan keahlian masing-masing.
  1. Meningkatkan kepercayaan diri
    Ketika sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan biasanya perserta workshop akan mengalami peningkatan dalam hal kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan karir. Workshop yang mempelajari tentang simulasi wawancara kerja dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan performa saat menghadapi wawancara sebenarnya.
  1. Peluang mentoring dan bimbingan
    Tidak jarang program workshop memberikan kesempatan mentoring dan bimbingan kepada peserta dari professional yang hadir. Melalui sesi bimbingan atau mentoring, peserta bisa mendapatkan panduan karir yang lebih personal dan mendalam karna dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
  1. Meningkatkan peluang kerja
    Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh akan meningkatkan rasa kompetitif di pasar kerja. Hal ini dapat meningkatkan peluang peserta untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi di tempat kerja saat ini.

Mengikuti workshop persiapan karir merupakan investasi berharga bagi siapapun yang ingin mencapai kesuksesan dalam berkarir. Melalui manfaat-manfaat yang ditawarkan workshop dapat menjadi langkah yang bisa dicoba dan menjadi langkah penting dalam perjalanan karir seseorang.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/karir/kenali-apa-itu-workshop-dan-manfaat-workshop-untuk-karir
https://www.enervon.co.id/article/3265/manfaat-ikut-workshop