Professional Career and Sustainable Career

Karir professional merupakan proses yang melibatkan perjalanan yang terstruktur dan linier dalam suatu bidang atau industry tertentu. Tingkat profesionalitas biasanya ditandai dengan serangkaian peningkatan tanggung jawab dan posisi. Dalam membangun karir professional ada empat komponen utama yaitu :

  1. Pengembangan keterampilan
    Untuk mencapai karir yang professional kita harus terus memperbarui dan meningkatkan keterampilan yang relevan dengan industri yang ditekuni. Pada hal ini mencangkup tentang pendidikan formal dan pembelajaran secara langsung di tempat kerja. 
  1. Jaringan peofesional
    Dukungan sepanjang karir juga bisa diperoleh dari adanya jaringan professional. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun dan memeliara hubungan professional yang dapat membuka peluang baru.
  1. Kinerja dan kemajuan
    Penting bagi kita untuk menunjukkan kinerja yang konsisten dan unggul dalam setiap tanggung jawab. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk mencari tantangan baru atau promosi yang dapat mendorong pertumbuhan karir.
  1. Mentorship
    Untuk memperdalam skill dan pengembangan, kita membutuhkan mentor yang dapat memberikan bimbingan, dukungan, dan wawasan. Carilah orang-orang yang memiliki pengalaman lebih banyak pada bidang yang kamu targetkan.

Sustainable Career atau karir berkelanjutan berfokus pada kemajuan, kesejahteraan jangka panjang, dan kemampuan beradaptasi dalam menghadapi perubahan. Dalam membangun karir berkelanjutan ada beberapa komponen utama yaitu :

  1. Keseimbangan kerja-hidup
    Untuk mencegah kelelahan dan menjaga kesejahteraan sangat dibutuhkan keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Untuk mencapai hal tersebut juga dibutuhkan adanya fleksibilitas dalam membagi peran kerja.
  1. Pembelajaran berkelanjutan
    Untuk mencapai karir berkelanjutan dibutuhkan adanya pendekatan pembelajar seumur hidup. Sikap ini berguna dalam beradaptasi dengan teknologi baru, keterampilan, dan perubahan industri. Pendekatan ini membantu untuk tetap relevan sehingga dapat produktif dalam jangka waktu yang panjang.
  1. Pemenuhan pribadi
    Pemenuhan pribadi berhubungan dengan penyelarasan antara pilihan karir dengan nilai dan minat pribadi untuk menemukan makna dan kepuasan dalam pekerjaan, misalnya dengan cara mencari peran yang sesuai dengan passion.
  1. Tanggung jawab sosial dan lingkungan
    Selain kepuasaan pribadi, cara agar dapat menambah kepuasan karir adalah melalui keterlibatan dalam pekerjaan yang memberikan kontribusi positif bagi maryarakat dan lingkungan.
  1. Kesehatan dan kesejahteraan
    Mengutamakan kesehatan mental dan fisik sebagai komponen penting dari keberlanjutan karir. Kamu harus dapat memastikan bahwa pekerjaan yang kamu lakukan tidak mengorbankan kesehatan pribadi.

Karir professional dan karir berkelanjutan sama-sama memiliki fokus pada pertumbuhan dan pengembangan, namun menggunakan pendekatan dan prioritas yang berbeda. Karir professional lebih berfokus pada mobilitas peningkatan karir ke arah yang lebih baik. Sedangkan karir berkelanjutan mengintegrasikan kepada hal-hal yang lebih luas tentang pemenuhan jangka panjang, adaptabilitas, dan keseimbangan. Menggabungkan kedua hal ini akan dapat menghasilkan jalur karir yang lebih memuaskan.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
https://www.mdpi.com/2071-1050/16/2/578
https://www.flexjobs.com/blog/post/build-a-sustainable-career/