How To Build A Positive Team Culture

Budaya tim yang positif bukan hanya sekedar konsep melainkan fondasi bagi kesukesesan jangka panjang suatu organisasi untuk mencapai keberhasilan dan produktivitas yang tinggi. Perusahaan yang memiliki budaya kerja yang positif memiliki ciri-ciri komunikasi yang terbuka, kolaborasi yang kuat, keterbukaan terhadap perubahan, pengakuan dan apresiasi, kepercayaan dan saling menghormati, lingkungan kerja yang seimbang, dan lain sebagainya. Untuk menciptakan budaya tersebut bukanlah tanggung jawab satu pihak saja melainkan harus dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh anggota oraganisasi. Berikut adalah cara membangun budaya tim yang positif :

  1. Discuss success
    Organisasi harus bisa mendefinisikan definisi kesuksesan yang ingin dicapai mulai dari faktor-faktor yang menyebabkan kesuksesan atau strategi yang efektif. Hal ini dapat menjadi motivasi atau inspirasi dan belajar satu salam lain.
  1. Set goal
    Management membuat tujuan besar yang ingin dicapai organisasi. Setelah disepakati goal tersebut harus dikomunikasikan kepada seluruh anggota tim agar mengerti arah jalannya organisasi.
  1. Discuss values
    Values atau nilai-nilai mencerminkan budaya kerja yang diingikan. Values juga harus dikomunikasikan dan terus diinternalisasi serta diimplementasikan dalam setiap aspek organisasi.
  1. Respect
    Organisasi harus dapat membangun budaya bahwa semua orang di perlakukan dengan adil.
  1. Responsibility
    Karyawan yang sudah mendapatkan uraian pekerjaan harus dapat mengerjakan perannya dan bertanggung jawab dengan sebaik mungkin melalui prestasi kerja masing-masing.
  1. Commitment
    Seluruh anggota organisasi secara aktif terlibat dan berdedikasi untuk mencapai tujuan, nilai, dan misi perusahaan.
  1. Continous development
    Continous development diperlukan khususnya pada organisasi yang sedang berkembang. Hal ini merujuk pada proses berkelanjutan terus menerus untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kemampuan karyawan.
  1. Praise
    Organisasi wajib untuk memberikan pujian atau penghargaan kepada karyawan atas kinerja, kontribusi, atau prestasi mereka untuk perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, dan produktifitas tim.
  1. Support
    Semua anggota satu sama lain berbagi bentuk bantuan dan dukungan untuk membantu mencapai tujuan. Dukungan dapat berbentuk dukungan manajerial, dukungan kolaboratif, dukungan pengembangan karir, dukungan emosional dan dukungan kesimbangan kerja dan mental.
  1. Work Together
    Di organisasi kerjasama antar individu, tim, atau dapartement sangat diperlukan untuk meningkatkan produktifitas. Kerjasama yang kuat antara semua pihak juga membantu organisasi untuk mengatasi tantangan yang kompleks dan mencapai kesuksesan jangka panjang
  1. Team building
    Team building merujuk pada serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama. Hal ini bertujuan untuk memperkuat ikatan antar individu, meningkatkan komunikasi, dan efektifitas tim. Team building dapat dilatih melalui pelatihan, games, atau tantangan.
  1. Lead by example
    Pada budaya tim yang positif leader atau pemimpin harus bertindak sebagai teladan bagi karyawan lain. Pemimpin tidak hanya berperan untuk memberikan arahan atau instruksi namun juga menunjukkan melalui tindakan bagaiaman melakukan pekerjaan yang baik, implementasi nilai-nilai perusahaan, dan mematuhi standar etika dan profesionalisme.
  1. Clear expectations
    Clear expectations di organisasi membahas tentang kejelasan dan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari karyawan dalam hal kinerja, perilaku, dan pencapaian tujuan. Untuk mengetahui hal ini diperlukan adanya komunikasi yang jelas dan transparan antara management dan karyawan mengenai harapan yang diberikan kepada meraka.
  1. Be patient
    Sikap sabar juga sangat diperlukan oleh seluruh tim tertutama dalam mengahadapi tantangan, perubahan, dan proses yang membutuhkan waktu untuk berkembang dan mencapai tujuan.
  1. communicate
    Komunikasi yang efektif juga sangat diperlukan utamanya untuk menyampaikan informasi, gagasan, dan tujuan secara efektif antar semua anggota organisasi.

Melalui implementasi langkah-langkah diatas, diharapkan organisasi bisa mencapai budaya positif yang diharapkan. Budaya yang positif di organisasi akan mendorong kolaborasi, inovasi, dan kesejahteraan karyawan lebih baik lagi. Oleh karena itu, hal ini sangat layak untuk diperjuangkan oleh seluruh anggota organisasi.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.

Referensi :
https://www.linkedin.com/feed/update/urn:li:activity:7152440522547073024/?utm_source=share&utm_medium=member_desktop
https://blog.airmason.com/how-to-build-positive-team-culture/