Manfaatkan Career Counseling

Pada perkembangan dunia kerja yang dinamis dan komplek saat ini mengelola karir menjadi tantangan lebih besar. Kita diharuskan untuk kritis dalam memikirkan tentang jalur karier, transisi pekerjaan, dan pengembangan keterampilan professional. Tidak jarang sebagian orang banyak mengalami kecemasan atau kekhawatiran yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mental akibat ketidakjelasan karir. Jika kamu merasa demikian kamu bisa berkonsultasi dan meminta masukan professional dari seorang career counselor.

Career counseling adalah sebuah jasa yang dirancang untuk membantu menemukan jalur dan karier professional yang tepat. Ketika konseling kamu akan dibantu untuk menganalisis kekuatan, ketertarikan, dan kemampuan individu. Berikut adalah manfaat melakukan career counseling :

  1. Mengurangi stress dan kecemasan
    Ketidakpastian dalam karir dapat menimbulkan rasa stress dan cemas yang dapat mengganggu produktifitas seseorang. Career counselor dapat membantu untuk mengidentifikasi sumber stress dan kecemasan dalam konteks pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa dibantu untuk membuat stretegi untuk mengatasi tantangan yang sedang dihadapi dan mengurangi stress yang dialami.
  1. Meningkatkan kepuasan kerja
    Pemilihan karir yang tepat sesuai dengan minat, nilai, dan tujuan hidup dapat meningkatkan kepuasan kerja. Career counseling dapat membantumu mengeksplorasi opsi karir yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhanmu. Hal ini juga akan meningkatkan kesehatan mentalmu secara keseluruhan.
  1. Mengelola transisi karir dengan lebih baik
    Ada disuatu waktu pekerja akan mengalami transisi karir misalnya saat perpindahan pekerjaan, perubahan industri, atau relokasi geografis. Momen ini bisa jadi hal yang menantang dalam kehidupan seseorang. Seorang career counselor dapat memberikan dukungan emosional, membantu melakukan evaluasi pilihan yang tersedia, atau membantu membuat strategi rencana yang sesuai dengan tujuan karirmu. Hal ini akan mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kesehatan mental selama proses transisi.
  1. Meningkatkan keterampilan penyesuaian diri
    Pada lingkungan yang terus berubah kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri menjadi hal yang penting. Career counselor akan membantu mengembangkan keterampilan penyesuaian diri yang diperlukan untuk menghadapi hal tersebut. Career counselor dapat mengajarkan berbagai skill misalnya keterampilan management stress, pemecahan masalah, komunikasi efektif, dan kepemimpinan. Dengan menguasai keterampilan-keterampilan tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja.

Memanfaatkan career counseling tidak hanya dapat membantu dalam mengelola karir namun juga akan berdampak positif pada kesehatan mental. Dengan begitu, kamu bisa mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan kesehatan mentalmu.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi

Referensi :
https://glints.com/id/lowongan/career-counseling-adalah/