Melepas Stress Dengan Menyadari Apa Yang Bisa dan Tidak Bisa Kamu Kontrol

Stress ini terjadi dikarenakan banyak kondisi, mulai dari hubungan antar keluarga, pasangan, pekerjaan, dan juga hingga masalah finansial. Ketika stress melanda, seringkali kita merasa tidak berdaya dan frustasi. Pikiran kita dipenuhi dengan kekhawatiran dan kecemasan. Namun, ada cara yang dapat membantu kita untuk mengelola stress dengan lebih baik yaitu menyadari apa yang bisa kontrol dan tidak bisa kita kontrol.

Apa yang bisa kita kontrol ?

  • Pikiran dan reaksi : Kita mempunyai pilihan untuk bagaimana kita ingin menanggapi situasi yang stressful, kita juga dapat memilih untuk fokus pada hal-hal yang positif atau kita akan terjebak dalam pikiran negatif. Kita juga bisa memilih untuk bereaksi dengan tenang dan rasional, atau kita bisa terbawa emosi.
  • Perilaku dan tindakan : kita mempunyai kontrol apa yang ingin kita lakukan dan bagaimana menghabiskan waktunya. Kita juga bisa memilih untuk melakukan aktivitas yang positif untuk mengatasi stress, seperti olahraga, meditasi, atau menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai.
  • Lingkungan : kita bisa memilih untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk ketenangan, dan juga kita bisa mengatur ruang kerja atau kamar kita dengan cara yang lebih nyaman atau kita juga bisa menghabiskan waktu di alam untuk menenangkan pikiran.

Apa yang tidak bisa kita kontrol ?

  • Pikiran dan tindakan orang lain : kita tidak bisa mengendalikan apa yang dipikirkan atau dilakukan orang lain, termasuk orang-orang yang membuat kita stress.
  • Kejadian di luar kendali : seperti yang diketahui kita juga tidak bisa mengendalikan semua yang terjadi di dunia ini, seperti cuaca, bencana alam, atau kecelakaan.
  • Masa lalu : kita juga tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi kita bisa belajar dari masa lalu itu dan move on.

Menerima bahwa ada hal-hal yang berada di luar kendali kita adalah langkah pertama untuk bisa melepaskan stress, ketika kita mencoba untuk mengendalikan hal-hal yang tidak dapat diubah hanya akan membuat diri kita sendiri frustasi. Sebaliknya, fokus pada apa yang bisa kita kontrol. Dengan mengendalikan pikiran, tindakan, dan lingkungan, kita bisa menciptakan ruang untuk ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kita sendiri.

Referensi :
Aqel, F. (2022). Kendalikan Otak untuk Singkirkan KECEMASAN dan Kekhawatiran. https://www.dw.com/id/kendalikan-otak-agar-tidak-terlalu-cemas-dan-khawatir/a-54554692
Fadilah, A. N. (2021). 8 Hal Yang dapat Kamu Kontrol, Perhatikan Sikapmu Dan Kebiasaanmu. Priangan Timur News. https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/news-priangan/pr-1221375066/8-hal-yang-dapat-kamu-kontrol-perhatikan-sikapmu-dan-kebiasaanmu?page=all
Grhasia. Manajemen stress. (2020). https://grhasia.jogjaprov.go.id/berita/371/manajemen-stress.html
Surya. (2023). 10 Hal Yang tidak bisa kamu kontrol dalam hidup. Kalasela.id. https://kalasela.id/10-hal-yang-tidak-bisa-kamu-kontrol-dalam-hidup/

Penulis: Ardhia Indah Cahyani