Pentingnya Self Care

Menjaga kesehatan tidak hanya dari fisik tapi juga perlu dari mental. Dengan adanya self care hidup kita akan menjadi lebih tenang, dan bahagia. Self care atau perawatan diri adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa kesejahteraan diri sendiri. Bagi setiap individu akan berbeda-beda. Kegiatan ini kadang suka dilupakan oleh kita, karena kurangnya waktu atau energi yang kita miliki. Kadangkala situasi keuangan atau perasaan mementingkan diri sendiri atau rasa bersalah membuat kita mengabaikan kegiatan ini secara teratur. Padahal perawatan diri secara teratur, akan membuat kamu menjadi lebih berkembang, mencoba hal-hal baru sehingga bisa menciptakan gairah dan tujuan yang baru.

Kesehatan mental meliputi kesejahteraan emosi, psikologis, dan social memberikan pengaruh pada individu untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan. Denga self care, kita dapat mengelola stress sehingga kita menjadi tidak gampang sakit, meningkatkan energi dan mendukung performa kita.  

Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam proses self care, antara lain:

  1. Menjalani Hidup Sehat
    Penerapan hidup sehat tidak hanya dari konsumsi makanan sehat, cukup tidur, olahraga teratur, menghindari alcohol dan narkoba, tapi juga dalam pengelolaan stress dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.
  1. Menjaga kebersihan
    Kebersihan merupakan penting bagi kita baik secara social, medis dan psikologis. Dengan menjaga kebersihan, kita bisa meningkatkan value diri kita baik secara personal maupun orang lain.
  1. Temui teman
    Menjalin pertemanan yang sehat akan membantu kamu dalam meningkatkan kesehatan mental. Diskusi dan menghabiskan waktu bersama dengan teman akan lebih membuat kita merasa bahagia. Bahkan saat kita menghabiskan waktu bersama dengan teman, kita perlu membatasi aktivitas penggunaan social media agar lebih berkualitas.
  1. Lakukan Hobi
    Lakukan sesuatu yang kamu sukai setiap hari sehingga kamu bisa menemukan kebahagiaan, dan ketenangan dalam hidup.
  1. Relaksasi
    Kegiatan relaksasi tidak hanya dapat dilakukan denga meditasi, tapi yoga, pijat, mandi atau stretching akan mendorong kamu untuk beristirahat penuh dan memberikan efek positif pada pola pikir sehingga kamu dapat dengan mudah memiliki kualitas hubungan yang baik dengan orang lain. Terkadang dalam situasi menekan, kita tetap perlu melakukan self care dengan cara berhenti, rehat sejenak, dan melakukan aktivitas lain yang dapat menyegarkan pikiran. Tak lebih penting “jangan lupa bernafas” yang artinya kamu perlu menarik nafas walaupun situasi dalam keadaan tertekan.

Referensi:
Florencia, G. 2020. Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-care-untuk-kesehatan-mental
Septiana, T. 2022. Inilah Pentingnya Self Care untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Tepat. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-pentingnya-self-care-untuk-kesehatan-dan-cara-melakukannya-dengan-tepat

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.