How to Get a Scholarship?

Mendapatkan beasiswa impian merupakan impian bagi sebagian orang. Proses mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah, tak jarang banyak pelamar beasiswa yang harus kecewa karena gagal mendapatkan beasiswa yang diimpikan. Berikut untuk tips dan trick untuk mendapatkan beasiswa:

  1. Buat daftar list beasiswa yang diinginkan
    Buatlah spreadsheet untuk mempermudah pencarian dan pengklasifikasian beasiswa. Beberapa poin yang perlu kamu masukkan ke dalam spreadsheet seperti nama universitas, negara, bahasa yang digunakan, program studi dan lain sebagainya. Buat daftar beasiswa sebanyak mungkin dan apply, apply, apply lagi sampai kamu berhasil.
    Kalau kamu mendaftar ke lebih dari satu beasiswa, ada baiknya kalau kamu juga menyusun perencanaan waktu. Tuliskan jadwal pendaftaran, batas akhir pengumpulan, proses seleksi, sampai ke tanggal pengumuman tiap-tiap beasiswa yang kamu daftarkan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan dan menepati prosedur sesuai jadwal masing-masing beasiswa.
  2. Pilih negara dengan pelamar sedikit
    Buat daftar negara-negara yang peminatnya lebih sedikit dan cari tahu lebih dalam mengenai beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.
  3. Sering Cek Website Resmi Lembaga Pemberi Beasiswa
    Sering-seringlah cek website resmi agar bisa kamu tahu untuk deadline dan persyaratan program beasiswa tersebut.
  4. Pengalaman Relevan dengan Bidang yang Mau Dipelajari
    Memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang studi yang mau dipelajari akan menjadi pertimbangan tersendiri serta nilai tambah bagi pihak yang akan memberi beasiswa.
  5. Aktif organisasi
    Punya pengalaman organisasi akan menjadi nilai tambah buat kamu. Namun, jika kamu tidak punya pengalaman organisasi, kamu dapat memasukkan pengalaman volunteer atau aktivitas di luar sekolah/kuliah, inovasi/riset, atau tampil dalam ajang kreasi, budaya, ataupun olahraga.
  6. Pelajari dan lengkapi persyaratan
    Kamu wajib memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan, kecuali jika dituliskan keterangan ‘opsional’, yang artinya hanya sebagai pelengkap. Apalagi jika kamu mendaftarkan diri ke beasiswa ikatan dinas dari lembaga pemerintahan dengan persyaratan spesifik, kamu harus yakin memang dapat memenuhi kriteria yang diminta. Pastikan dokumen persyaratan yang dibutuhkan benar-benar lengkap dan sesuai dengan kriteria. Jika sampai ketinggalan atau salah dokumen satu saja, maka sia-sia segala usahamu. Olehkarena itu perlu mempersiapkan berkas pendaftaran dan proses validasi dokumen akan dicek keabsahaannya satu per satu.
  7. Minta rekomendasi Dosen
    Rekomendasi Dosen akan membantu kamu dalam memenuhi persyaratan program beasiswa. Dosen yang berkompeten di bidangnya dan memiliki jabatan structural yang tinggi akan membantu dalam proses seleksi beasiswa.
  8. Kursus Bahasa inggris
    Pentingnya mempoles kelancaran berbahasa Inggris atau bahasa asing lainmu sedini mungkin juga agar dapat menggunakan bahasa tersebut dengan luwes dan aktif saat menjawab pertanyaan yang diajukan saat wawancara dengan elegan, tepat dan lancar.
  9. Pembuatan CV, Essai dan motivation letter
    Pembuatan CV, Essai dan motivation letter menjadi hal yang penting dalam proses apply beasiswa. Buat CV kamu yang kreatif sesuai dengan pengalaman kamu. Sedangkan untuk essay dan motivation letter, sebisa mungkin hindari kata-kata mainstream seperti “Saya ingin mempelajari budaya baru”, “Saya sangat tertarik untuk belajar Bahasa Jerman” dan lain sebagainya. Sebaliknya kamu bisa menceritakan beberapa fakta seperti misalnya kamu jatuh cinta dengan film-film Perancis atau kamu pernah memiliki teman SMA dari Polandia yang ikut pertukaran pelajar dan beberapa fakta-fakta pendukung lain yang membuktikan bahwa kamu memang punya keinginan dan dasar yang kuat untuk melanjutkan kuliah di negara tersebut. Intinya buat essay yang menunjukkan bahwa essay ini memang hanya milik kamu.
  10. Latihan interview dan persiapkan mental
    Setelah lolos administrasi, proses selanjutnya adalah interview. Nah kamu perlu siapkan untuk latihan interview karena kamu akan berhadapan dengan banyak orang. Tak jarang orang gagal pada tahap ini karena grogi atau kurang percaya diri. Sebaiknya kamu memperbanyak latihan berbicara yang benar agar terbiasa dan tidak kaget. Bekali juga dirimu dengan informasi tentang bidang studi yang kamu pilih, sehingga kamu bisa memberikan jawaban yang matang atas pilihan jurusan.
    Langkah selanjutnya adalah persiapkan mental karena walau mendapatkan beasiswa tidak semudah yang kamu kira, kesempatannya tidak akan tertutup meskipun kamu sempat menemui kegagalan. Terus coba lagi dan lagi! Daripada kecewa berlarut-larut, jadikan pengalamanmu sebagai pelajaran. Ingat, beasiswa hanyalah untuk kamu yang selalu berusaha dan tidak pernah menyerah
  11. Punya visi mengabdi
    Kamu harus punya visi berkarya untuk orang banyak kedepannya, untuk masyarakat luas. Karena lembaga yang memberimu beasiswa secara tidak langsung seperti sedang berinvestasi padamu dan ingin kedepannya bisa memberikan manfaat yang lebih banyak untuk masyarakat. Pikirkan dengan matang-matang dan sudah jelas di saat masuk ke tahap interview.

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan apply beasiswa. Jangan pantang menyerah ya.!!

Referensi:
Morris, C. 2022. 6 Easy Tips on How to Get a Scholarship for College. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023. https://www.earnest.com/blog/how-to-get-a-scholarship/
Nandy. 2023. 19 Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Impianmu. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023. https://www.gramedia.com/literasi/19-tips-dan-triknya-meraih-beasiswa-impianmu/

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A