Alumni Profile - Panca Rudolf Sarungu (CEO PT. Prista Teknologi Indonesia)

Panca Rudolf Sarungu, merupakan seorang alumni BINUS University, program paskasarjana Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI), lulusan tahun 2004. Saat ini Panca tergabung dalam grup CEO dari PT. Prista Teknologi Indonesia yang membawahi beberapa merek diantaranya RajaMICE, RajaLARI, Bulanmadu.Com dan juga saat ini menjadi Advisor di beberapa perusahaan diantaranya Taman Safari Indonesia Group, The Kasablanka, Sutera Hall serta menjadi Staff Khusus Bupati beberapa pemerintahan daerah (Pemda) yang berkaitan dengan kegiatan pariwisata di Minahasa Utara, Sulawesi utara.

 

Bagaimana perjalanan kuliah di BINUS University dan bagaimana BINUS membekali anda masuk ke dunia kerja.

Perjalanan Panca semasa berkuliah di BINUS University cukup menarik, sebelumnya ketika Panca memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan S2. Panca mempertimbangkan jurusan apa yang menarik dan juga memiliki potensi yang bagus dimasa depan. Saat itu Panca melihat bahwa BINUS Business School adalah salah satu sekolah bisnis terbaik yang ada di Indonesia, dan berdasarkan hal itu Panca memilih untuk menimbah dan melanjutkan pedidikan S2 di BINUS Univeristy. Ketika sudah menyelesaikan pendidikan di BINUS University, Panca sangat merasakan banyak manfaat dan dampak terutama untuk karir Panca.

Bagaimana pengalaman berorganisasi selama berkuliah di BINUS.

Panca saat ini menjadi ketua BINUS Business School Alumni Association (BBSAA) untuk menjalin kembali hubungan sesama alumni dan serta membuat aktifitas alumni berdampak bagi masyarakat luas untuk bangsa dan negara. Selain di BINUS, Panca juga aktif pada organisasi lain diluar BINUS salah satunya sebagai Chief Community di TEPANAS (Teman Parekraf Nasional), komunitas peduli Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf) Indonesia yang mendukung program kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Dipimpin oleh Dr.H.Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A.,M.B.A Selaku Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI. Dan di BINUS Panca dan rekan-rekan sedang mengodok bagaimana yang berkaitan bagaimana menjalin kembali hubungan sesama alumni dan bagimana alumni bisa memberikan dampak bagi masyarakat, dan tentunya memberikan dampak lebih luas lagi untuk bangsa dan negara. Selain TEPANAS Panca juga berkiprah dibeberapa sebagai unsur pimpinan pada assosiasi pariwisata di GIPI, ASITA, MASATA dan ASPERAPI .

 

ALUMNI RECOGNITION AWARD pada prosesi Wisuda 65 Juli 2022 yang lalu, dan bagaimana anda menyikapi penghargaan ini untuk kedepannya.

Panca mengucapkan banyak terimakasih kepada BINUS University atas penghargaan yang diberikan saat wisuda 65. Alumni Recognition Award ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Panca dan kebanggaan ini Panca persembahkan kepada semua alumni, bahwa BINUS sebagai lembaga pendidikan terbesar di Indonesa juga ikut membaktikan diri untuk kegiatan-kegiatan yang baik dan bermanfaat sesuai dengan visi dari BINUS yaitu Fostering & Empowering.

 

Pengalaman hidup yang berkesan, baik pengalaman manis ataupun pahit.

Pengalaman yang baik dan berkesan dalam hidup Panca salah satunya pada saat Panca dipercayakan menjadi kepala atau pimpinan sebuah departement di sebuah hotel untuk menjadi Direktur Sales Marketing di sebuah Chain Internasional dan itu pada saat Panca sebelum berumur 30 tahun dan pada saat itu juga belum ada orang yang memiliki kapasitas atau pencapaian seperti yang diraih oleh Panca. Hal ini terus memotivasi Panca untuk meningkatkan karir dan menjadi dorongan untuk terus belajar. Panca juga pernah dipercaya  menjadi Vice President  (VP) di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pariwisata yaitu PT Hotel Indonesia Natour dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia, untuk memimpin sebuah Strategic Partnership Division. Ini menjadi kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan BUMN lain dan juga kesempatan bagi Panca untuk melihat aset-aset dari BUMN yang perlu di revitalisasi dan menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi Panca untuk belajar pentingnya berkolaborasi.

Sedangkan pengalaman pahit yang pernah dialami adalah pengalaman  saat Panca belum berhasil mencapainya impian untuk menjadi pimpinan dari salah satu perusahaan incaran Panca karena ada 1 atau 2 hal. Bagi Panca pengalaman ini menjadi motivasi untuk mengevaluasi diri  terkait hal-hal yang dirasa perlu untuk menjadi perhatikan dan ditingkatkan. Panca memiliki prinsip bahwa apapun yang latar belakangnya kita, kita harus melengkapi diri kita dengan pendidikan. Bahwasanya dalam hidup kita tidak boleh berhenti belajar, sehingga ini juga yang memotivasi Panca yang saat ini sedang mengambil S3 Ilmu Kepolisian di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Apa harapan/tujuan kedepannya baik dalam karir dan kehidupan pribadi.

Ada 2 hal yang ingin dicapai oleh Panca yaitu yang pertama Panca menginginkan adanya sebuah warisan didalam hidup, tentunya baik warisan yang diberikan untuk komunitas ataupun untuk daerah dimana kita berada. Kemudian tentunya untuk pribadi Panca sedang melihat kemungkinan untuk mencapai beberapa karir yang kaitannya untuk mendukung sebuah industri industri pariwisata yang sudah kita ketahui bersama sangat memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

 

Boleh diceritakan hobi dan minat.

Panca memiliki hobi dan senang untuk melakukan olahraga lari dan traveling. Saat ini sport tourism menjadi sesuatu hal yang ingin dikembangkan oleh pemerintah, ucap Panca. Jadi Panca  dikala bekerja dan Panca juga sekaligus menikmati hobi. Di sela rutinitas dalam bekerja, Panca selalu menyempatkan diri untuk berolaharaga

Bagaimana cara membagi waktu dalam "Berkarir, Keluarga, dan Pekerjaan"

Ini menjadi tantangan sendiri bagi Panca, dikarenakan pada saat ini ditengah mengambil kuliah S3-nya, Pancajuga memimpin dan menjalankan perusahaan, serta menjadi konsultan serta advisor di beberapa perusahaan. Bagi Panca yang terpenting di atas segalanya itu adalah keluarga. Panca cukup merasa dilema,dikarenakan Panca harus sering meninggalkan keluarga untuk melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Tetapi pada saat ini tentunya pembagian waktu menjadi tantangan dan juga menjadi kesempatan bagi Panca, bagaimana bisa bekerja dan tidak lupa membagi waktu dengan keluarga

 

Boleh diceritakan background usaha/pekerjaan saat ini.

Panca memulai awal karir yaitu di perhotelan pada umur 21 tahun di salah satu service apartment di negara Singapura dan juga bekerja dibeberapa hotel bintang 5 salah satunya di hotel Aryaduta. Dan dalam 9 tahun pada saat umur hampir 30 tahun, Panca mencapai akhir atau puncak karir menjadi salah satu profesional atau mencapai posisi direksi disebuah hotel bintang 5 di jakarta. Kemudian Panca ingin mencari tantangan baru ingin menjadi wiraswasta, Usaha yang ingin dibuat oleh Panca pada saat itu adalah sebuah usaha yang berbasis online dan akhirnya Panca membuat sebuah usaha yang bernama Bulanmadu.com kemudian beberapa tahun kemudian membuat RajaMICE. RajaMICE  ini adalah bisnis pembuatan acara (event creator) dan juga dalam perjalanannya, Panca juga membuat usaha-usaha lain seperti media travel, majalah liburan dan sempat bekerja sama dengan perusahaan dari Singapura yaitu sebuah lisensi majalah yang bernama Escape tetapi dalam perjalanannya kurang berhasil.
Saat ini Panca sangat bersyukur sampai saat ini RajaMICE dan beberapa bisnis unit lainnya yang dibuat oleh panca semakin berkembang, juga bekerja sama dengan pemerintah daerah, bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi untuk membuat kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata untuk mendungkung kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

 

Apa tantangan terbesar bagi anda didunia pekerjaan, dan bagaimana cara anda menanganinya.

Tantangan terbesar yang Panca hadapi sebagai profesional, pegawai pemerintah ataupun pengusaha, Panca melihat bahwa yang paling penting adalah Sumber Daya Manusia (SDM).  Tantangan ini mendorong Panca untuk selalu memberi motivasi bagi tim dan rekan kerja bahwasannya tidak ada SuperMan tetapi yang ada namanya Super Team. Untuk membentuk sebuah Super Team akan menemui tantangan yang berat, salah satunya adalah latar belakang anggota tim yang berbeda-beda. Selain itu SDM tantangan terbesar bagi Panca adalah investasi waktu. Bagi Panca investasi waktu ini adalah dalam hal membagi waktu kapan waktu yang tepat untuk memberikan motivasi untuk rekan kerja dan juga kapan waktu untuk  mengembangkan diri sendiri , Besar harapan tim yang super dapat bekerja dikecepatan, kemampuan, dan kekuatan yang sama dan sinergi.

 

Boleh diceritakan tentang Kebun Binatang Solo Safari yang telah soft opening pada tanggal 27 Januari 2023 lalu. serta harapan dan tujuan dari kebun binatang ini bagi anda.

Solo safari adalah kawasan wisata edukasi satwa seluas 13,9 hektare di Surakarta, Jawa Tengah merupakan program yang diinisiasi oleh Walikota Solo yaitu bapak Gibran Rakabuming, dimana beliau memiliki beberapa program dan ada 17 program yang dimana program ini tujuannya untk membuat kota Solo lebih baik, lebih ramah untuk wisatawan dan paling penting agar wisatawan bisa menginap di kota Solo. Hai ini yang mendorong banyak destinasi-destinasi baru di kota Solo salah satunya Solo safari dan paling fenomenal adalah Masjid Sheikh Zayed Solo. Jadi ini sebuah inovasi dari bapak Walikota Solo dan Panca sangat bangga menjadi salah satu bagian dari pembangunan ikon baru di kota Solo.

 

Bagaimana pandangan anda terkait pariwisata Indonesia? karena Pariwisata merupakan sektor jasa berbasis kreatif. Indonesia dengan potensi pariwisata yang kaya harusnya bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya sebesar-besarnya. ditengah-tengah kebangkitan pariwisata paspcapanedemi.

Panca berpandangan bahwa pariwisata akan menjadi Leading Sector. Karena pariwisata akan melewati minyak, gas, pertanian, dan palm oil. Panca telah melihat tanda-tanda itu sudah ada dan kita perlu menjaga mementum. Dan pandemi Covid-19 adalah kesempatan yang baik baik negara Indonesia untuk menyusul negara-negara lain khusunya dari segi pariwisata, ibaratnya bahwa pada saat pandemi Covid-19 kita masuk dalam Pit stop, kita memiliki kesempatan untuk mengejar negara-negara tetangga yang inbound tourism nya Singapura 18 juta, Malaysia 27 juta, dan Thailand 40 juta, sedangkan Indonesia masih tertinggal di angka 14 juta. Berdasarkan angkat dari inbound tourism tersebut, ini menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan. Serta dalam 1 atau 2 dekade kedepan, Panca berpendapat dengan alamnya yang indah seperti Danau Toba, Batam, Candi borobudur, Kupang, Labuhan Bajo, dan tentunya Bali, ini jauh lebih memiliki daya tarik dari pada negara-negara tetangga kita yang hanya memiliki alam dan destinasi buatan. Panca punya keyakinan bahwa pariwisata akan menjadi Leading Sector pada saatnya nanti.

 

Pesan-pesan untuk BINUSIAN.

Panca mengatakan “Saya bangga menjadi bagian dari keluaga besar lulusan BINUS University yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dan saya juga megajak kita semua bersama-sama untuk menyatukan visi dan juga memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara kita khususnya di industri yang saya geluti yaitu pariwisata. Kita bisa mulai dari traveling atau mengunjungi destinasi wisata dinegara kita sendiri.”

Panca juga berharap teman-teman BINUS tetap solid dan menjaga kesatuan dan semoga kita juga bisa bertemu dan harapan kedepannya bersama IKA BINUS, Panca siap berkontribusi dan berkolaborasi, sehingga kita semua bisa menjadi kebanggaan BINUS serta bisa memberikan kontribusi dan kemajuan bagi kampus, bangsa dan negara Indonesia.

 

Mengapa anda merekomendasikan untuk berkuliah di BINUS University.

Panca sangat merekomendasikan untuk berkuliah di BINUS University, karna memang sangat bagus terbukti dengan BINUS selalu meraih penghargaan. Panca meilihat dari peringkat-peringkat universitas yang ada dan BINUS University selalu menjadi unggulan dan selalu menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia, Program dari BINUS University juga sangat menarik, dimana ada program seimbang antara belajar dan magang. Program ini dinamakan Program Enrichment (Program pengkayaan kepada Mahasiswa di BINUS University, agar Mahasiswa memperoleh pengalaman secara terstruktur serta dapat menerapkan, membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa kuliah dengan kenyataan selama mengikuti kegiatan bersama perusahaan/mitra/komunitas. Enrichment program diakui dengan bobot 40 SKS (20 SKS per semester). Ini menjadi sebuah trobosan yang sangat baik sekali bagi Panca dan Panca sangat mendorong untuk kuliah di BINUS.

 

1 Kalimat atau Harapan untuk BINUS University.

Harapannya untuk BINUS University, selalu bisa menjaga standar dan kualitas yang dimiliki BINUS University saat ini dan tentunya Panca berharap ada program-program baru yang ada hubungannya untuk mendorong dan membangun sektor industri kreatif.