Strategi Melejitkan Diri

Apakah kamu pernah merasa bingung karena tidak ada perubahan yang berarti dalam dirimu dalam waktu yang lama? Atau kamu sudah seringkali niat merubah diri menjadi pribadi yang lebih maju lebih baik lebih berkualitas tapi bingung mulai dari mana?

Beruntung jika kamu menemukan tulisan ini dan berhasil membacanya hingga selesai. Karena di sini akan berisi tentang strategi-strategi sederhana dan mudah diingat untuk acuan kalian mulai melangkah untuk melejitkan diri.
Sebelum melanjutkan membacanya pastikan kalian mengambil kertas atau buku dan alat tulis ya. Sehingga kalian bisa langsung mencatatnya dan mengerjakannya. Jadi artikel yang kalian bac aini tidak sekedar berlalu tanpa memberi sesuatu yang berarti untuk perubahan diri kamu.

Isi artikel kali ini memaparkan Akronim-akronim atau singkatan-singkatan istilah yang sengaja digunakan untuk mempermudah inti materi kalian ingat. Akronim-akronim ini merupakan kata-kata kunci penting yang bisa membuka diri kalian, menyelesaikan masalah kalian, menghilangkan ketakuatan kalian, ataupun membantu mencapai apa-apa yang kalian inginkan. 

Okey, langsung saja ya.
Yang pertama adalah tabel FLOW :
Find the challenge, Look at reality, Open possibilities, Win commitment. Buat lalu isilah tabel FLOW di bawah ini ya. Kolom pertama isilah dengan menemukan berbagai tantangan yang ada. Kolom kedua isilah dengan melihat realitas atau fakta yang sedang kalian hadapai saat ini. Kolom ketiga tulislah berbagai peluang yang ada. Kolom keempat tuliskan komitmen aksi yang membuat kepribadianmu / kemampuanmu / perkuliahanmu / pekerjaanmu / karirmu / bisnismu terus tumbuh dan berkembang.

Find the challange 

Look at reality 

Open possibilities 

Win commitment 

 

 

 

 

Yang kedua adalah FOCUS : Find the problem, Organize a team, Clarify the problem, Understand the problem, Select a solution. Metode ini digunakan untuk meningkatkan kualitas dirimu ataupun dunia kerja/bisnismu. Hal ini dikarenakan metode FOKUS ini membantu kamu menghadapi masalah dan membantu melangkah maju mengasah kemampuanmu menemukan dan memahami masalah, hingga menyadari solusinya. Berikut bentuk kolom yang bisa memudahkanmu mengerjakan.

Find the problem 

 

Organize a team 

 

Clarify the problem 

 

Understand the problem 

 

Select a solution 

 

Yang ketiga adalah PDCA. Plan, Do, Check, Action. Metode yang dipopulerkan oleh Deming ini digunakan untuk continuous improvement, inovasi berkelanjutan. Deming juga menyempurnakan model ini dengan PDSA : Plan, Do, Study, Action.

Yang keempat adalah 4-ON untuk MoveON : visiON, actiON, passiON, collaboratiON. Selain untuk moveon, model 4-ON juga bisa dipakai untuk kunci menumbuhkan usaha / bisnis / karir kamu yaitu buatlah visiON, kenali situatiON, temukan beberapa optiON, dan langsunglah actiON

Nah sudah punya kunci dan alat untuk memudahkan langkahmu kan… langsung ACTION ya 

 

Referensi :
Azzaini, Jamil. 2015. Speak to Change. Jakarta: Gramedia 

Di tulis oleh : Ajeng Diah Hartawati