Alumni Profile - Jonny International Paint Sales Centre

   Jonny, Masuk BINUS University pada tahun 1995 pada jurusan Komputer Akuntansi. Saat ini memiliki usaha dan bekerja pada PT Selaras Jaya Sakti yang bergerak pada bidang painting dan saat ini memiliki retailer, distribution, dan Project.

Bagaimana perjalanan kuliah di BINUS University dan bagaimana BINUS membekali Jonny masuk ke dunia usaha/kerja.

   Ketika menempuh pendidikan di BINUS University Jonny mengambil jurusan Komputer Akuntansi. Dimana saat ini Jonny mengatakan bahwa ilmu Komputer Akuntansi yang dipelajari saat berkuliah dulu bisa digunakan dan tidak digunakan (tergantung situasi) tetapi ilmu Akuntasi, membuat Jonny bisa laporan keuangan. Sebelum bekerja dan mendirikan pada perusahaan PT Selaras Jaya Sakti, Jonny sempat bekerja di beberapa perusahaan multinasional dan dari sana Jonny mendapatkan ide untuk membuat perusahaan baru dimana pada umumnya perusahaan multinasional hanya melakukan pasokan terhadap pesanan-pesanan besar saja, dan dari sana tersebut Jonny membuat dan mendirikan perusahaan PT Selaras Jaya Sakti hingga saat ini.
   Pada awalnya Jonny memiliki pemikiran untuk tidak ingin bekerja terlalu lama, Jonny ingin menjadi seorang entreprenuer. Pada awal bekerja,  Jonny bekerja sebagai marketing dimana harus membuka relasi dengan orang banyak, rekan-rekan, proyek, dan lain-lain. Ide dalam sebuah membuat perusahaan telah ada dari tahun 2012 atau 2013, tetapi akan dibuat seperti apa, dan bagaimana Jonny belum tau. Karena bagi Jonny saat itu sudah banyak perusahaan sejenis yang bergerak pada bidang tersebut baik retail ataupun distribusi. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2015 Jonny mulai mencari partner/rekan bisnis untuk menjadi investor. Dan tahun yang sama pada 2015 mulai melakukan trial dengan menggunakan perusahaan orang lain, detelah 6 bulan berlalu Jonny membuka perusahaan sendiri dengan nama PT Selaras Jaya Sakti dan secara resmi pada Januari 2016.

 

Bagaimana pengalaman berorganisasi selama berkuliah di BINUS.

   Pada saat berkuliah, Jonny mengatakan bahwa dirinya mengikuti beberapa kegiatan mahasiswa tetapi tidak aktif, diantaranya adalah KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik), dan Ping Pong (Tenis Meja).

Pengalaman hidup yang berkesan, pengalaman manis atau pahit.

   Bagi Jonny jika merasakan pengalaman pahit dalam hidup sendiri, Jonny tidak akan ambil pusing dan biasa saja tetapi jika pengalaman yang pahit tersebut terjadi dan menyangkut keluarga, maka Jonny akan merasa sangat sedih. Salah satu pengalaman pahit bagi Jonny adalah ketika anak pertama Jonny masih kelas 1 atau 2 SD, sekitar umur 8 atau 9 tahun. Saat itu ingin membeli roti dengan harga Rp 15.000 di salah satu restoran fastfood dan pada saat itu Jonny tidak memilki uang untuk membayar roti tersebut, hal ini membuat Jonny sangat sedih. Jadi pada saat itu Jonny meminta tolong kepada adiknya untuk bisa membelikan roti tersebut. Sedangkan pengalaman Manis ada sangat banyak bagi Jonny, adalah salah satu yang paling menyenangkan yaitu ketika Jonny bisa membuktikan sesuatu yang dikatakan tidak bisa oleh orang lain, maka dari itu harus kita rela begadang, berkorban, jalani dengan iman dan percaya bahwa akan berhasil dan jangan lupa untuk berserah kepada Tuhan karena Tuhan akan memberi yang terbaik untuk umatnya.

Background usaha/pekerjaan saat ini.

   Sejak lulus dari menempuh pendidikan di BINUS University, Jonny memiliki impian untuk dapat bekerja diperusahaan multinasional kerena bagi Jonny, bekerja di prusahaan multinasional terlihat sangat keren dan bisa mendapatkan gaji yang besar. Ketika itu, Jonny bekerja dialah satu perusahaat cat yang saat ini menjadi salah satu perusahaan cat yang besar saat ini. Saat bekerja di perusahaan cat tersebut, Jonny melihat sebuah ide dan meyakini bahwa ini bisa peluang besar untuk membuat sebuah perusahaan baru, tetapi Jonny belum berani dan belum memiliki modal untuk merealisasikan ide Tersebut. Seiring berjalannya waktu, Jonny mulai merealisasikan ide dan peluang tersebut, yang saat itu dilakukan secara distribusi hanya unutk marine paint dimana pelanggan-pelanggan yang sudah dikenal lama oleh Jonny, Jonny mencoba untuk menghubungi kembali dan mereka masih terbuka dengan respon yang bagus.

     Akhirnya setelah berjalan sebagai distribusi pada saat itu sebagai marine paint. Marine paint itu tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan decorative paint. Pada tahun 2016, Jonny mulai melakukan distribusi ke BUMN, perusahaan swasta hingga berjalan selama 3 tahun, dan Jonny mendapat respon yang sangat bagus. Jonny bisa memenuhi keiinginan kontraktor, BUMN, ataupun perusahaan swasta. Proyek pertama Jonny pada saat itu adalah melakukan pengecatan pabrik dengan menggunkan cat tembok di daerah Bogor dan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Proyek-proyek lainnya juga ada didaerah Cilacap, Cilegon dan beberapa proyek kebanyakan berada di pulau jawa barat dan tengah, jawa timur cukup jarang dan di luar jawa biasanya Jonny melakukan pasokan material. Pawa awalnya Jonny hanya melakukan distribusi tetapi mulai berkembang dengan mengerjakan proyek-proyek hingga decorative paint. Saat ini Jonny memiliki sebuah proyek di tanggerang pada pabrik aki dan bersamaan dengan pabrik pupuk, dalam proses pengecatan dan perusahaan tersebut cukup puas akan hasil, kualitas yang diberikan oleh Jonny sehingga mereka memberikan proyek-proyek lainnya.

   Hingga saat ini pada saat ini pada tahun 2023, Jonny sangat bersyukur kepada Tuhan. Ketika saat pandemi Covid 19, perusahaan-perusahaan lain melakukan pengurangan karyawan, memotong gaji ataupun menjual aset, perusahaan Jonny malah melakukan hal sebaliknya. Tahun 2020, ketika Jonny sedang menjalani sebuah proyek BUMN di Cilacap, Jonny melakukan pengecatan seluas 2,5 Hektar, disana Jonny banyak membutuhkan karyawan. Pada saat itu juga yang menjadi tantangan adalah adanya pembatasan dikarenakan pandemi Covid-19, Jonny harus masuk ke kota Cilacap pada tengah malam. Pada akhirnya proyek ini berjalan dengan bagus dan sesuai dengan ekspetasi. Jonny merasa sangat diberkati pada saat pandemi Covid 19 dan saat ini perusahaan ini terus berkembang.

Hobi.

   Jonny memiliki hobi yaitu olahraga, dan juga hobi untuk makan. Jadi Jonny memiliki prinsip jika sudah berolahraga dengan banyak maka Jonny juga akan bisa makan banyak.

Apa goals kedepannya baik dalam karir dan kehidupan pribadi.

   Untuk goal dalam usaha, Jonny memiliki impian yaitu secara value dan omzet lebih baik dari tahun lalu dan menginginkan bahwa perusahan ini tetap terus bertahan dan menjadi berkat bagi banyak orang di Indonesia. Karena bagi Jonny “orang bisa dibilang sukses adalah pada saat mereka sudah bisa menyukseskan orang lain”. Untuk goal  kehidupan pribadi, Jonny ingin melakukan lari maraton pada tahun ini. Dan untuk keluarga, Jonny ingin anaknya untuk bisa melanjutkan pendidikan S2 diluar negeri.

Apa tantangan terbesar anda di usaha/pekerjaan saat ini, dan bagaimana cara anda menanganinya.

   Bagi Jonny saat pertama kali berdiri tantangan terbesar adalah bagaimana mengelola perusahaan dengan SDM dan dana yang terbatas. Sedangkan untuk saat ini, karena perusahaan sudah semakin berkembang maka tantangan terbesarnya adalah komunikasi antara individu dalam perusahaan. 

Bagaimana cara membagi waktu dalam “Berkarir & Berorganisasi” atau “Berkarir & Keluarga”.

   Kalau dalam pekerjaan Jonny bisa melakukan delegasi pekerjaan, dan harus bisa memanfaatkan teknologi seperti Google calender sehingga tidak ada pekerjaan yang terlewatkan. Sehingga setiap kegiatan bisa terjadwalkan. Untuk keluarga, setiap malam Jonny bersama keluarga bisa berdoa bersama, makan bersama, berkumpul sehabis makan, ataupun olahraga bersama.

Kenapa anda merekomendasikan kuliah di BINUS. 

   Pada tahun 1995, saat itu BINUS University jika dibandingkan dengan kampus-kampus swasta lainnya, BINUS University belum dikenal dan belum masuk hitungan. Tetapi saat ini bisa dilihat bahwa BINUS University dapat disandingkan dengan Kampus-kampus negeri bahkan saat ini BINUS University berada pada urutan ke-10 berdasarkan QS WUR 2023: Top Global Universities (https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2023). dan Jonny bangga menjadi lulusan BINUS, karena BINUS terus berkembang mengikuti perubahan dan perkembangan zaman.  Jadi  saya  sangat merekomendasikan agar rekan-rekan dapat berkuliah di BINUS University karena telah terbukti banyak lulusan-lulusan yang berhasil. Untuk BINUS University, Jonny mengucapkan banyak terima kasih untuk  jejering relasi, atas dirangkulnya alumni dan selalu bisa berinteraksi dan menjadi keluarga besar untuk saling membantu, mengisi dan saling mendukung. Hingga saat ini BINUS University memang sudah menjadi yang terbaik dan harus selalu menjadi yang terbaik.

1 Kalimat atau Harapan untuk BINUS University
   “MENJADI UNIVERSITY NOMOR 1 DI ASIA PASIFIC” 

Simak video lengkapnya hanya di Youtube BINUS Alumni atau klik tautan berikut: 

https://youtu.be/BN_djvSAhDo