Tips Menghadapi Gagal Interview

Ketika kamu selalu gagal interview berkali-kali, padahal kamu sudah melakukan persiapan yang maksimal, seperti berpakaian rapih, datang tepat waktu, mencari tahu tentang perusahaan, berkomunikasi dengan baik dan lain sebagainya. Tenang dan jangan khawatir, hal ini mungkin saja memang belum ada perusahaan yang cocok dengan kualifikasi dan kepribadian kamu atau bisa jadi ada hal-hal yang “memalukan” yang pernah dilakukan saat interview tanpa kamu sadari. Nah kamu bisa coba beberapa tips dibawah ini untuk membantu kamu di interview selanjutnya :

1. Review  pengalaman saat interview
Cobalah untuk mereview pengalaman apa saja yang sudah kamu peroleh selama mengikuti interview. Belajar untuk introspeksi diri dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Seperti latihan berbicara di depan cermin atau latihan dengan teman, agar cara berkomunikasi kamu semakin lancar. Dapat juga dengan mencari tahu tentang cara berpakaian yang tepat untuk interview, kamu bisa mencari  tahunya di internet tentang topik  grooming interview.

2. Berpikir positif dari setiap pengalaman interview
Pikiran-pikiran yang negatif tentang  kegagalan saat interview itu pasti ada. Seperti berpikir bahwa saya “bodoh”. Tetaplah untuk selalu berpikir positif dengan kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kualifikasi kamu.  Dengan berpikir positif maka semuanya akan menghasilkan tindakan dan hasil yang positif.

3. Belajarlah untuk memaafkan diri
Setelah kamu riview pengalaman selama interview dan ternyata ada pengalaman-pengalaman yang kurang menyenangkan, maka belajarlah memaafkan diri sendiri, perbaiki dan tetap berusaha menampilkan yang terbaik selama interview.

4. Jangan pernah menyerah
Selalu berusaha mencari pekerjaan yang terbaik dan jangan pernah menyerah dalam mengikuti proses interview. Dengan seringnya kamu diinterview maka soft skill pun ikut terbentuk, yaitu komunikasi, problem solving dan inisiatif.

Semoga bermanfaat ^_^

 

Novi Kurnia Maulidta