Jaga Otak Tetap Waras

Di saat pandemic yang masih terjadi saat ini, penting agar kita menjaga otak kita tetap waras dan tenang sekalipun di rumah saja. Masa WFH seperti ini seringkali membuat kita kehilangan quality of work life antara kehidupan bekerja dengan kehidupan pribadi. Jam kerja yang sering over time, sudah tidak jelas antara jam masuk dan jam pulang, meeting yang sering terjadi hingga malam hari. Olehkarena itu, penting bagi kita untuk menjaga otak tetap waras dan tenang sehingga kita tetap bisa memberi jeda bagi diri sendiri khususnya dalam menanggapi pandemic. 

Dewi (2020) menyebutkan beberapa cara yaitu:
1. Matikan sejenak segala kanal informasi yang terus menerus mengirimkan berita ke ponsel Anda.
Mengistirahatkan otak yang bekerja terus menerus dalam menerima segala berita baik positif maupun negatif, dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan berlebih. Serta akan memberikan ruang bagi otak untuk berpikir dan melakukan hal positif. Dengan begitu, kita menjadi lebih bisa lebih memilah antara hal yg positif dan negatif.

2. Agar tidak terhanyut dalam percakapan yang tiada henti, misalnya pada grup whatsapp karena Anda sedang mengisolasi diri #dirumahaja. 
Semua informasi yang diterima, anggaplah bahwa itu untuk diri kita sendiri. Meneruskannya langsung tanpa mengecek kebenaran sumbernya hanya akan menimbulkan kepanikan pada orang lain. Jadi make sure untuk sumbernya ya. 

3. Ikuti akun atau berita dari sumber yang terpercaya. 
Tak ada salahnya senang berselancar di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya, namun ini saatnya Anda melakukan detoks di akun media sosial dengan cara meng-unfollow akun-akun yang terlalu sering menebar energi negatif dan membuat stres. Memilah-milah social media akan membuat kita lebih bijak dalam menerima informasi. 

4. Manjakan diri dengan rutinitas merawat diri yang bisa dilakukan di rumah, seperti meditasi.
Dengan meditasi segala energi positif akan memenuhi Anda, dan membuat tubuh lebih relaks sehingga bisa dengan bijak menyortir informasi yang dibutuhkan. Selain itu, kita bisa merelakskan tubuh dengan memanjakan diri seperti luluran, atau creambath di rumah. 

5. Jangan hanya berdiam diri di sofa, bergeraklah sebanyak mungkin. 
Mengisolasi diri bukan berarti hanya diam dan membaca info pandemik corona terkini.  Melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan di rumah akan membuat badan lebih bugar dan pikiran lebih segar. Minimal jalan kaki  di sekitar rumah.

6. Jika Anda wanita pekerja yang mendapat kebijakan WFH atau work from home, buatlah ruang untuk Anda melakukan pekerjaan. 
Berlakulah senormal mungkin seperti biasa, bangun tidur pagi, mandi, pilih busana yang nyaman seakan-akan sedang mau berinteraksi dengan orang lain, mulailah melakukan target hari ini. Usahakan seperti akan berangkat ke kantor dengan make up dan dress up.

7. Menghubungi sahabat lama atau kerabat jauh yang Anda sayangi tentunya akan memberikan energi yang positif. 
Gunakan waktu Anda untuk menciptakan koneksi baru dan bertukar kabar baik yang menyenangkan. Berbicara dengan orang lain akan membuat kamu menjadi lebih hidup.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas, diharapkan otak kita tetap waras sekalipun Cuma di rumah saja. Yang paling penting, kita perlu menerapkan kualitas kehidupan kerja yang efektif, contoh sederhana dengan menerapkan jam masuk dan keluar sehingga kita tetap bisa memiliki waktu untuk keluarga dan diri sendiri. Semangat ya ??

 

Disusun oleh Ira Setyawati

Sumber dari, 
Dewi, (2020). Menjaga Kewarasan di Tengah Pandemi Corona. Retrieved from https://www.dewimagazine.com/trends/menjaga-kewarasan-di-tengah-pandemik-corona