Sebelum Masuk Dunia Kerja, Ayo Persiapkan Dirimu Terlebih Dahulu!

Memasuki dunia kerja, merupakan hal baru oleh sebagian banyak orang. Apalagi jika kamu saat ini masihduduk dibangku perkuliahan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum memasuki dunia kerja. Yuk simaktips berikut ini!

Perkuat hardskill dan softskill
Hardskill adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat diukur, misalnya kemampuan berbahasa asing, kemampuan pengoperasian komputer. Sedangkan softskill adalah atribut diri seseorang yang dapat mempengaruhi hubungannya dengan lingkungan kerja. Contohnya kemampuan komunikasi, kemampuan kerja tim, dsbnya. Dua hal ini merupakan hal penting yang perlu kamu miliki. Hal ini bisa kamu latih saat dibangku perkuliahan, dengan mengikuti organisasi-organisasi, kepanitiaan atau magang disebuah perusahaan.

Mental
Dunia kerja pastinya berbeda dengan saat diperkuliahan, karena kamu akan bertemu tantangan-tantangan yang sebelumnya belum pernah kamu lewati. Untuk itu, kamu harus siapkan mental yang kuat dan bangun pola pikir positif. Agar kamu lebih siap untuk menghadapi tantangan.

Siapkan dokumen terkait
Persiapkan dokumen yang mendukung kamu untuk melamar kerja, seperti ijazah, transkip nilai, sertifikat dll. Kemudian buatlah CV yang menarik, agar perusahaan memiliki gambaran umum tentang diri kamu.

Kenali budaya
Cari tahu mengenai budaya perusahaan yang ingin kamu lamar, termasuk pekerjaan yang menjadi minatkamu. Setidaknya kamu memiliki sedikit gambaran mengenai pekerjaan kamu nantinya. Kamu bisa mencari tahu melalui media sosial, jika memungkinkan kamu bisa bertanya kepada karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Asah kemampuan
Jika kamu ingin memenangkan persaingan di dunia kerja, terus gali potensi yang kamu miliki, bekali dirimu dengan keterampilan-keterampilan yang baru. Belajarlah untuk keluar dari zona nyaman. Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dimasa datang. Era industri semakin maju dan berkembang, jadi kamu juga harus berkembang ya.

Selain hal-hal di atas, persiapkan dirimu untuk menghadapi tes ketika mendapat panggilan kerja. Dan yang terpenting jangan lupa berdoa dan jaga kesehatan ya!
 

Disusun oleh : Yohannawira Erfasari, S.Psi