Personal Branding: Strategi Sukses Dalam Dunia Kerja

Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Personal branding juga bisa menjadi pembeda kamu dengan sosok professional lainnya yang berada disekitar kamu.

Mengapa membangun personal branding itu penting? Personal branding yang kuat dapat membantu kamu dalam meningkatkan kesuksesan dalam berkarir. Ketika orang-orang mengetahui bahwa kamu memiliki sebuah karakter dan keahlian yang kuat dalam sebuah bidang, hal itu akan membuka banyak kesempatan dan jalan dalam membangun karirmu.

Bagi para jobseeker, memiliki personal branding yang positif saat melamar pekerjaan membuat peluang kamu untuk dilirik dan diterima disebuah perusahaan menjadi lebih tinggi, karena HRD akan menemukan jejak digital kamu.

Lalu bagaimana cara membangun kekuatan personal branding diri sendiri, yuk simak tips berikut ini:

1. Kenali diri sendiri
Membangun personal branding yang terpenting adalah memahami dan mengembangkan diri kamu sendiri. Apa sajakelebihan kamu? Dibidang apa kamu unggul? Skill apa yang bisa kamu tawarkan? Jika kamu kesulitan, tanyakankepada kerabat dan rekan, bagaimana mereka akan menggambarkan diri kamu.

2. Tentukan tujuan personal branding kamu
Image apa yang ingin kamu bangun untuk orang-orang disekitarmu? Tidak perlu memalsukan karakter diri, karena lama-kelamaan itu akan membosankan dan melelahkan. Belajar jadi diri sendiri dengan versi terbaikmu.

3. Perluas networking
Hal ini bisa kamu lakukan melalui media social (linkendin, twitter, Instagram, etc). Mulailah dengan memposting hal-hal positif yang berkaitan dengan passion kamu. Kamu juga bisa ikut serta mengikuti seminar online untuk menambah wawasan, membangun koneksi dan mempromosikan diri kamu sendiri.

4. Terus belajar hal baru
Segala hal saat ini selalu berubah dengan cepat sekali. Perlu memperbaharui pengetahuan terhadap bidang atau industriyang sedang kamu tekuni. Asah diri kamu untuk mempelajari hal-hal baru, hal tersebut dapat memperkuat personalbrand diri.
 

Disusun oleh : Yohannawira Erfasari, S.Psi

Sumber :
https://medium.com/kulina/tips-membangun-personal-branding-a64d4aa04891
https://www.career-grooming.com/iframe-post/21
https://www.jagoanhosting.com/blog/membangun-personal-branding/
http://eprints.radenfatah.ac.id/4134/3/BAB%20II.pdf