Kehadiran artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi game changer bagi berbagai bidang. Salah satu yang paling merasakan dampaknya barang kali adalah kewirausahaan. Sejak dihadirkan dan dilibatkan dalam dunia bisnis, kemampuan AI dalam menganalisis data dalam berbagai bentuk telah banyak membantu pengusaha atau wirausahawan dalam menjalankan usahanya. 

Namun demikian, AI juga bukanlah sebuah alat sulap yang secara ajaib bisa menghasilkan keuntungan. Dengan kata lain, manusia sebagai pelaku bisnis juga membutuhkan pemahaman yang baik tentang data yang hendak diolah, serta bijak dalam menjaga privasi kepemilikan data, agar penggunaan AI tidak menjadi boomerang. 

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara AI membantu mencetak wirausahawan kreatif masa kini? Simak informasinya berikut ini.

Wirausahawan Kreatif

Meningkatkan Efisiensi

Efisiensi merupakan salah satu hal utama dalam bisnis. Dengan menerapkan efisiensi, wirausahawan dapat memaksimalkan sumber daya yang dimiliki, sekaligus memangkas waktu, uang, dan energi. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis adalah dengan melibatkan AI. Utamanya, dalam mengurus hal-hal yang sifatnya administratif. 

Misalnya, dengan memanfaatkan chatbot AI dalam meningkatkan customer service. AI dapat berinteraksi dengan pelanggan dan menjawab kesulitan mereka dengan cepat dan tanggap sehingga dapat meningkatkan pelayanan. Di samping itu, AI juga mempunyai kemampuan otomatisasi pemasaran yang memungkinkan pengusaha untuk menganalisis profil konsumen, menyesuaikan iklan, hingga membuat prediksi pembelian. 

Pengambilan Keputusan

Memanfaatkan AI dalam bisnis juga bisa membantu wirausahawan untuk mengambil keputusan strategis. Misalnya, AI dapat melakukan analisis pasar lebih cepat dan akurat. Dengan demikian, pengusaha dapat lebih memahami perilaku konsumen, tren pasar, hingga persaingan usaha. Hal ini tentunya akan membantu pemilik usaha dalam mengambil keputusan berdasarkan wawasan yang kuat. 

AI juga bisa memberikan rekomendasi investasi terbaik untuk wirausahawan. Dengan mengolah data tentang analisis keuangan dan tren pasar, AI mampu memberikan rekomendasi tentang investasi cerdas yang pastinya menguntungkan wirausahawan di masa depan. Hal ini tentunya amat membantu, utamanya bagi pengusaha pemula yang masih awam terhadap investasi. 

Membangun Produk dan Layanan Baru

AI juga dapat membantu wirausahawan dalam berinovasi dalam mengembangkan produk dan layanan. Dengan memanfaatkan kemampuan analisis AI, pengusaha dapat lebih memahami perilaku dan preferensi konsumen yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk sesuai kebutuhan pelanggan. 

Sementara itu, kemampuan AI dalam membaca algoritma dapat membantu wirausahawan dalam merancang produk yang lebih sesuai dengan tren dan permintaan pasar. Berdasar kemampuan ini juga, AI dapat memberikan rekomendasi kepada pelanggan sehingga mereka dapat menemukan produk yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Poin ini tentunya secara langsung dapat mendorong peningkatan pelayanan. 

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kemampuan AI dalam membaca perilaku pelanggan akan mampu meningkatkan pelayanan usaha. AI mampu melakukan personalisasi untuk pelanggan secara akurat. Analisis tersebut dilakukan dengan membaca riwayat belanja pelanggan sehingga AI mampu merekomendasikan produk yang paling dibutuhkan. 

Tidak hanya menguntungkan penjual, poin ini tentunya berdampak langsung terhadap peningkatan pengalaman pelanggan. Mereka dapat dengan mudah memperoleh produk sesuai preferensi dan kebiasaan. Rekomendasi yang didapatkan pun jauh lebih relevan sehingga pengalaman belanja pun menjadi lebih praktis dan efisien. 

Melihat uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa AI memiliki peran besar dalam membantu mencetak wirausahawan kreatif era ini. Pasalnya, keberadaan AI yang mampu membantu menyelesaikan hal-hal administratif dan strategis, pastinya akan membantu wirausahawan agar bisa lebih fokus kepada proses kreatif dan inovasi. 

Melihat kemampuan dan potensi AI dalam mendorong perkembangan bisnis tersebut, BINUS @Bandung pun memutuskan melibatkannya dalam proses pembelajaran. Dengan mengambil jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung, kamu dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana cara mengoptimalkan AI dalam dunia bisnis. 

BINUS @Bandung juga menerapkan pembelajaran experiential learning, yang ditunjang fasilitas mentoring flipped-classroom, entrepreneurship living laboratory, investor pitch, serta komersialisasi dan market testing sehingga dapat membantumu mengembangkan diri menjadi wirausahawan sukses di era digital ini.