Kehadiran teknologi kecerdasan buatan (AI) memang memudahkan para content creator dalam menghasilkan karya. Dengan memanfaatkan AI, proses pembuatan konten menjadi lebih praktis tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama. Pasalnya, teknologi AI dapat membantu dalam berbagai keperluan, mulai dari menulis artikel hingga menciptakan konten visual.

Lantas, apa saja alat AI yang bisa kamu manfaatkan? Berikut beberapa tools berbasis AI yang akan memudahkan hidupmu.

Konten Berbasis AI

1. Copy.ai

Penulis konten digital wajib tahu tools satu ini. Copy.ai menyediakan lebih dari 90 alat dan templat untuk membantu meningkatkan produksi konten tanpa mengorbankan kualitas. Dengan fitur andalannya Blogging Wizard, kamu bisa membuat outline blog berformat panjang hanya dengan dua klik. 

Meskipun fokusnya untuk memudahkan content creation bagi para blogger, Copy.ai dapat diintegrasikan ke berbagai aspek bisnis. Pasalnya, tool ini punya beragam fungsi, tak hanya untuk membuat blog post, tetapi juga iklan PPC hingga posting media sosial.

2. Jasper.ai

Dulunya dikenal dengan sebutan “Jarvis,” Jasper.ai menawarkan solusi AI untuk berbagai jenis konten. Tool ini bisa membantu kamu membuat berbagai jenis konten, baik yang panjang maupun pendek. Sebut saja artikel blog, landing page, hingga iklan di sosmed.

Pasalnya, Jasper.ai juga punya lebih dari 50 template yang sudah siap pakai. Ada juga fitur “Resep” untuk membuat konten besar, seperti eBook atau skrip video.

Bahkan, Jasper.ai bisa terintegrasi dengan tools lain yang kamu pakai. Namun, ada satu catatan kecil. Untuk integrasi dengan tools lainnya, kamu harus bayar lagi. Contohnya, untuk optimasi konten panjang, kamu perlu langganan Boss Mode di Jasper.ai yang harganya mulai dari $99/bulan dan langganan SurferSEO lagi seharga $99/bulan.

3. Lately AI

Tool ini sangat berguna untuk kamu yang mengelola posting media sosial. Dengan Lately AI, kamu bisa menghasilkan puluhan posting singkat dari satu artikel. 

Bahkan, video atau audio panjang dapat diubah menjadi konten media sosial yang sesuai dengan brand voice. Tak ketinggalan, Lately AI juga menyediakan fitur social analytics, social media marketing, dan social sales tool.

4. ChatGPT

Siapa sih yang tak kenal ChatGPT? Sejak awal kemunculannya, tool berbasis AI ini langsung memperoleh perhatian luas berkat fungsinya yang serbaguna. Tidak hanya sebagai tool pembuat konten, ChatGPT juga bisa membantu riset, menyusun ringkasan, dan banyak lagi.

Meskipun data yang menjadi acuan ChatGPT terbatas dari tahun 2021 ke bawah, tool ini tetap menjadi pilihan menarik untuk berbagai keperluan. Apalagi, ChatGPT ini bisa diakses secara gratis. 

Namun, untuk kamu yang perlu tool AI untuk memudahkan content creation, ada baiknya menggunakan versi berbayar  New GPT-5 yang lebih canggih.

5. MarketMuse

Meskipun bukan content-generating tool, MarketMuse sangat berguna khususnya buat kamu yang sedang mengelola website. Tool ini memberikan saran optimasi konten supaya hasilnya lebih bagus di SERP. 

Dengan kecerdasan buatan, tool ini bisa mengecek situs web kamu. MarketMuse kemudian akan memberikan feedback berbasis data untuk perbaikan kerangka konten, ide kata kunci, dan faktor SEO lainnya.

Dengan fitur Pusat Kontrol SEO-nya, kamu bisa lebih mengoptimalkan SEO tanpa perlu repot-repot lagi meriset kata kunci. Semua info yang kamu butuhkan disediakan oleh MarketMuse.

6. Murf

Buat kamu yang membuat konten visual seperti video, Murf akan sangat mempermudah pekerjaanmu. Singkatnya, Murf AI adalah tool untuk membuat suara. Di sini, ada lebih dari 120 suara yang bisa dipilih dan diatur dalam lebih dari 20 bahasa.

Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan suara narator ke dalam video dengan mudah. Dengan suara yang realistis, konten multimedia pun menjadi lebih menarik.

7. Fotor

Buat kamu yang mengandalkan foto untuk membuat konten, Fotor patut dicoba. Fotor adalah platform kreatif yang menggunakan AI untuk mengubah perintah teks menjadi gambar. Tak perlu keterampilan menggambar, kamu bisa memproduksi konten visual menarik dalam sekejap.

Tak hanya itu, dengan Fotor, kamu bisa menghapus latar belakang foto, menajamkan gambar yang tadinya kurang jelas, serta mengubah foto biasa menjadi kartun dengan sekali klik. Khusus untuk foto wajah, Fotor juga punya fitur untuk mempercantik wajah. Bahkan, Fotor punya banyak opsi untuk mengubah warna foto dan menambahkan efek keren. 

Itulah sejumlah tool berbasis AI yang akan memudahkan hidupmu sebagai content creator. Ke depannya bisa dipastikan tools pembuatan konten berbasis AI akan menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia content creation.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mempelajari tentang penggunaan teknologi dalam content creation, kuliah di jurusan Creative Communication bisa jadi pilihan tepat. Namun, tentu saja kamu harus memilih universitas yang kurikulumnya mendorong integrasi teknologi informasi dan komunikasi, seperti BINUS UNIVERSITY @Bekasi. 

Binusian yang mengambil jurusan ini akan belajar membuat konten, baik berupa teks, audio, visual, atau gabungan ketiganya untuk berbagai kebutuhan. Tak hanya menjadi content creator, lulusan Creative Communication BINUS @Bekasi juga punya prospek karier menarik. Sebut saja profesi sebagai brand communication specialist, advertising specialist, hingga entrepreneur di bidang terkait.

Yuk, kembangkan potensimu bersama BINUS UNIVERSITY @Bekasi!