Robot Nayakalara by BINUS University

Hal yang Mendasari Pembuatan Robot Nayakalara

Pandemi COVID-19 masih menjadi masalah utama masyarakat global saat ini. Selain dengan vaksin dan obat, upaya menekan penyebaran virus dapat juga dilakukan melalui penerapan social distancing maupun physical distancing; membatasi kunjungan ke tempat ramai dan juga menjaga jarak fisik sesuai dengan protokol Kesehatan. Prihatin dengan kondisi ini, Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., beserta tim yang dikoordinasi oleh  RTTO (Research & Technology Transfer) BINUS, menciptakan inovasi robot cerdas yang diberi nama NAYAKALARA.


Robot Nayakalara

Robot Nayakalara ada dua jenis, yaitu Food Delivery and Monitoring Robot dan Robot Desinfektan. Kedua robot tersebut sebagai bentuk kontribusi dan pengabdian masyarakat yang disediakan oleh BINUS di masa pandemi COVID-19. Nama robot NAYAKALARAmemiliki arti prajurit yang bertempur melawan wabah penyakit yang berjangkit serempak di muka bumi ini. Sejauh ini sudah ada 20 robot yang telah diproduksi massal  dengan didanai oleh BINUS University untuk didonasikan ke 9 Rumah Sakit yang membutuhkan.

Pada tanggal 22 bulan Juni 2020, BINUS University mendonasikan NAYAKALARA ke 2 Rumah Sakit di Jakarta. Pertama adalah RSUD Koja yang diterima oleh dr. I Gede Bagus Nyoman Banjar selaku Direktur RSUD Koja. Lalu selanjutnya NAYAKALARA didonasikan kepada RSPI Sulianti Saroso dan diterima oleh dr. Siti Pratiekauri,Sp.Par.K.