People Innovation Excellence

ASPEK HUKUM EKONOMI DAN BISNIS

Penulis     : Shidarta, Abdul Rasyid, Ahmad Sofian
Tahun       : 2016
Dimensi   :  17 x 24 cm ; 274 Halaman
ISBN         : 978-602-1138-38-0
Harga       : Rp 165.000

COVER-Aspek Hukum Bisnis (18-02-2016)-01

 

Buku ini menjelaskan tentang hukum tidak hanya aturan yang dibuat oleh negara, Sasaran utama pembaca buku ini adalah mahasiswa-mahasiswa hukum dan non-hukum yang ingin mendapatkan gambaran garis besar tentang aspek-aspek hukum dalam ekonomi dan bisnis di Indonesia.. Hukum adalah nilai-nilai dan asas-asas yang sudah ada sebelum dibuat menjadi undang-undang. Hukum juga bisa bermakna lembaga-lembaga negara dan aparatur (petugas) yang menjalankan lembaga-lembaga itu. Tidak ada kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan sendiri. Kegiatan bisnis selalu melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan bidang usaha yang dilakukan. Segala aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan bisnis tidak terlepas dari perjanjian-perjanjian atau kontrak yang melatarbelakangi aktivitas tersebut. Steven L. Emanuel menjelaskan bahwa perjanjian adalah sebuah persetujuan, di mana hukum akan menegakkannya dengan berbagai cara.

Dalam berbisnis ada hukm-hukum yang menjelaskan tentang persaingan usaha. Terdapat aspek hukum material dan formal. Pemerintah lebih menyukai nama “UU Persaingan Usaha yang Sehat” untuk menekankan tugas Pemerintah menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi semua pihak. Liberalisasi perdagangan memimpikan ada perlakuan yang adil bagi para pelaku usaha dengan tidak lagi mengenal batas-batas negara. Untuk itu iklim persaingan usaha mutlak perlu karena akan mampu mengurangi beban negara, menguntungkan konsumen, dan memberi kepastian bagi investor. Semangat demikian juga tertuang dalam Pasal 2 dan 3 UU No. 5 Tahun 1999.

For further information and online order, please contact us at
Phone : 021-534 5830 ext. 2174
Email  : publishing@binus.edu 


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close