Dalam meningkatkan kualitas kompetensi keahlian di Mojokerto, BINUS @ Malang menggelar kegiatan  ujian kompetensi bagi siswa-siswi SMKN 2 Mojokerto, Jawa Timur. Acara yang berlangsung sepanjang 2 hari tersebut dikoordinasikan oleh dosen-dosen program studi Desain Komunikasi Visual BINUS@ Malang. Acara ini berlangsung dengan baik, terlihat dari antusiasme para siswa-siswi SMKN 2 Mojokerto yang dengan begitu semangat menghadiri, dan berkontribusi dalam uji kompetensi kali ini.

            Uji kompetensi sendiri dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tidak terlepas dari perkembangan jaman, tidak heran pada saat ini seorang individu harus memiliki kompetensi yang lebih untuk lebih unggul dalam persaingan industri masa mendatang. Sehingga pada ujian kompetensi keahlian kali ini menghadirkan pemateri dan penguji yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang ini. Bapak Viktor Adiluhung A.S.T, M.Ds dan Bapak Lutfi Tri Atmaji, S.T, M.Sn adalah pembawa materi dan penguji yang ditunjuk dalam acara ini.

                Keseruan dalam ujian kali ini cukup terbukti dari semangat yang ditunjukkan pada siswa-siswi, ini sekaligus menghilangkan rasa kurang percaya diri  dari menjalani aktivitas ujian. Adapun materi yang diujikan ini meliputi pembu   atan media promosi untuk SMKN 2 dengan berbagai macam media yang sering kita lihat baik spanduk, baliho, maupun brosur. Bagaimana desain media promosi itu sendiri bisa  menarik perhatian audiencenya tentu menjadi pertimbangan dalam ujian kali ini.

         Adapun, kegiatan yang berlangsung selama 10-11 April ini mempunyai agenda yang berbeda. Pada hari pertama siswa-siswi partisipan mempunyai tugas untuk mendesain spanduk, baliho, dan brosur di lab yang ada. Tentunya, kegiatan pada hari pertama ini diawasi dan diuji baik dari guru-guru yang berada di lingkup SMKN 2 Mojokerto serta bekerja sama dengan BINUS @ Malang. Agenda pada hari pertama ini berlangsung dari jam 7.00 – 15.00 WIB.

         Sedangkan pada hari ujian kedua, terdapat jadwal yang lebih banyak daripada ujian hari pertama yaitu siswa-siswi akan diwawacarai mengenai karya yang telah dibuatnya. Pewawancaranya sendiri berasal dari guru-guru SMKN 2 Mojokerto dan bekerja sama dengan penguji dari BINUS @ Malang. Setelah agenda pertama selesai, masih ada agenda selanjutnya yang harus diikuti oleh para partisipan ujian untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai desain.

          Seminar merupakan hal yang sangat baik bagi tambahan pengetahuan bagi para partisipannya, maka dari hal tersebut pada hari terakhir ini para siswa dan siswi SMKN 2 Mojokerto diberikan kesempatan untuk mengikuti seminar singkat tentang dasar design dan berbagi informasi mengenai dunia perkuliahan serta bekerja dalam bidang Desain Komunikasi Visual. Tentunya ini pengalaman yang sungguh indah untuk para partisipan selain mendapatkan pengetahuan, mereka juga bisa mendapatkan kesan dan persiapan untuk mengasah kemampuan mereka untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi.

                Dalam mempersiapkan hal tersebut, BINUS @ Malang membantu para siswa – siswi SMKN 2 Mojokerto untuk menemukan serta mendalami bidang yang mereka geluti yaitu desain. Dengan mempunyai kealihan yang mumpuni, pengalaman yang banyak serta keinginan untuk maju dari masing-masing individu itu sendiri dilakukan sedemikian rupa agar mereka setidaknya lebih siap dan tentunya semangat dalam mengawali dunia karir atau usaha professional yang akan mereka akan pilih masing-masing.