Kembali dalam kontek startup mencari tenaga kerja bukanlah hal yang mudah. Kita sudah membuat iklan atau pengumuman tetapi tetap saja tidak mendapatkan pekerja. Kalau demikian, bagaimana caranya mendapatkan pekerja?

 

Mencari dari referensi orang yang dikenal adalah cara yang paling memungkinkan untuk startup. Meminta tolong kepada teman keluarga ataupun karyawan yang sudah ada, adalah cara mencari pekerja yang  lebih mudah.

 

Selain mudah, keuntungan lain dari cara ini adalah calon karyawan sudah mendapatkan informasi tentang perusahaan yang membutuhkan. Dengan demikian ketika mereka memutuskan bergabung tidak merasa kecewa ketika melihat kondisi yang sebenarnya.

Keuntungan lain adalah : calon karyawan direkomendasikan oleh orang yang dikenal pemilik, sehingga mereka sedikit.banyak memiliki tanggung jawab kepada yang merekomendasikan. Jika mereka bekerja tidak baik tentu akan malu kepada yang merekomendasikannya. Selain itu yang merekomendasikan tenaga kerja tentunya tidak akan mau merekomendasikan jika calon karyawan tersebut kurang bagus

 

SALAM SUKSES