Pengalaman bisa didapatkan dari dalam kampus maupun di luar kampus. Jika di dalam kampus, mahasiswa bisa mengikuti organisasi, dan di luar kampus bisa mengikuti program 3+1. Program ini dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa semester 6 jurusan apapun untuk merasakan pengalaman kerja didunia nyata selama 1 tahun. Mahasiswa akan belajar diluar lingkungan kampus dan menimba ilmu dari perusahaan-perusahaan multinasional dan atau global.

Melalui program 3+1 research track, mahasiswa dapat terjun lebih awal kedunia industry. Dengan terjun lebih awal kedunia industry, maka mahasiswa akan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan mahasiswa universitas lain. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya dan belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.

Salah satu caranya ialah bergabung dengan Apple Developer Academy @BINUS. Disini mahasiswa akan mendapatkan pengalaman mengembangkan aplikasi dengan pendekatan multi-disiplin dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa juga akan fokus dalam coding menggunakan Swift, sebuah bahasa pemrograman dari Apple sebagai fondasi aplikasi untuk perangkat berbasis iOS. Selain itu juga banyak hal dan pengalaman berharga yang akan mahasiswa dapatkan dari program 3+1 research track. Mulai dari pengembangan ilmu-ilmu yang diperoleh selama dibangku kuliah, hingga pengembangan diri.