People Innovation Excellence
 

Logotype dalam Brand

Tipografi merupakan salah satu elemen penting dari desain grafis. Tipografi yang diaplikasikan dalam logo atau lebih dikenal dengan logotype merupakan salah satu kekuatan dari sebuah merek. Mengapa? tipografi merupakan identitas yang sudah melekat dalam sebuah brand atau merek.

Tentu sudah tak asing lagi dengan logotype brand minuman berkarbonasi asal Amerika Serikat ,CocaCola. Logo CocaCola menggunakan font script Spencerian yang pertama kali diciptakan oleh Frank M Robinson. Ciri khas yang nampak terlihat pada huruf ‘C’ yang memiliki ekor. Tipografi tersebut merupakan kekuatan dari CocaCola, hingga saat ini font yang digunakan CocaCola masih bertahan sejak digunakan pertama kali pada 1886.

Meskipun logo dasar CocaCola yang tidak mengalami perubahan, bukan berarti perusahana tersebut bertahan dengan desain sejak abad ke-19. CocaCola melakukan perubahan dari desain kemasan yang berupa kaleng lebih simple dan praktis dengan tetap menampilkan logo dari font Spencerian.

Sumber:

Rob Carter, Philip B. Meggs, Ben Day, Sandra Maxa, Mark Sanders. (2014). Typographic Design: Form and Communication. 06. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-71576-5.

 


Published at : Updated
Written By
Yudhistya Ayu Kusumawati, S.Sn, M.Ds
Laboratory and Knowledge Center | BINUS Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close