By : Hanugra Aulia

Developer dengan nama samaran SpecterDev ahkirnya mengeluarkan exploit kernel yang dapat berjalan penuh pada PlayStation 4 (firmware 4.05), setelah 2 bulan yang lalu team Fail0verflow mengeluarkan detail teknis pada tautan https://fail0verflow.com/blog/2017/ps4-namedobj-exploit/

Saat ini exploit tersebut dapat di unduh di GitHub dengan link : https://github.com/Cryptogenic/PS4-4.05-Kernel-Exploit dengan nama  “namedobj”, exploit kernel untuk PlayStation 4 pada firmware 4.05 memungkinkan user untuk menjalankan kode kode tertentu pada konsol PS4, memungkinkan jailbreak PS4 ataupun modifikasi pada level kernel. Walaupun pada exploit ini tidak menyertakan kode untuk jailbreak, developer lain dapat mengembangkan jailbreak secara penuh menggunakan exploit tersebut.

Dengan adanya jailbreak, maka pengguna dapat menjalankan kode kode ataupun script tertentu pada konsol, melakukan install mods, cheat, ataupun aplikasi pihak ketiga, ataupun menjalankan game game yang secara normal tidak bisa dimainkan karena adanya mekanisme anti pembajakan yang di implementasikan oleh Sony Play Station.

SpecterDev mengatakan “This release, however, does not contain any code related to defeating anti-piracy mechanisms or running homebrew” “This exploit does include a loader that listens for payloads on port 9020 and will execute them upon receival.”

Namun yang perlu digaris bawah kepada pengguna adalah ada kemungkinan exploit ini tidak dapat berjalan secara mulus. SpecterDev memperingatkan bahwa exploit ini hanya berjalan mulus dan stabil di kisaran 95% saat dilakukan pengetesan. Namun dilaporkan bahwa WebKit  jarang sekali mengalami crash saat dijalankan pada kernel.

Pengguna Play Station 4 dengan versi firmware dibawah 4.05 dapat melakukan update konsol mereka untuk menjalankan exploit ini. Dan tentunya Sony tidak akan senang dengan peluncuran exploit kernel ini, dan mereka akan berusaha lebih keras untuk menambal celah pada firmware Play Station 4 berikutnya.