Oleh : Albert Verasius Dian Sano, S.T., M.Kom.

 

Di dalam perusahaan, manajemen selalu ingin supaya bisa mengendalikan biaya TI secara efektif dan memaksimalkan impact terhadap bottom-line (profit/hasil). Para manajer umumnya punya daftar pertanyaan di benak mereka tentang biaya TI, terutama saat penyusunan budget. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang umum muncul di benak para manajer:

 

CEO:

Apakah kita mampu mengupayakan anggaran belanja untuk TI? Apakah kita tahu berapa banyak yang kita belanjakan untuk TI? Bagaimana saya bisa tahu apakah TI membantu strategi kita? Apakah kita mendapatkan dampak bottom line dari investasi TI kita, dan bagaimana saya bisa mengetahuinya? Apakah kita sedang memanfaatkan teknologi dalam bisnis kita seperti seharusnya/idealnya? Bagaimana saya bisa membuat semua manajer lain yang ada menyetujui strategi dan rencana teknologi kita?

 

CFO:

Apakah kita sudah mengendalikan biaya TI kita? Apakah manajer TI kita memahami implikasi finansial dari keputusan mereka? Bagaimana kita menjustifikasi investasi TI baru? Bagaimana kita menyeimbangkan sumber daya kita antara kebutuhan investasi baru dan kebutuhan operasional yang ada? Bagaimana saya tahu bahwa TI berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis kita? Bisakah kita menjustifikasi pengeluaran TI apa adanya?

 

CIO:

Saya punya 750 juta proposal proyek TI baru dan 300 juta untuk anggaran TI operasional. . . bagaimana kita sebagai perusahaan memutuskan mana project yang terbaik yang harus dilakukan? Bagaimana keseimbangan yang benar antara dukungan infrastruktur vs project baru? Bagaimana saya bisa membuat orang-orang bisnis dan orang-orang TI memiliki pemahaman yang sama tentang inisiatif, prioritas, dan harapan TI? Bagaimana saya bisa mendapatkan persetujuan dari orang-orang bisnis untuk menyepakati prioritas TI? Bagaimana TI mengkomunikasikan kinerjanya dan dampaknya terhadap bisnis dengan istilah-istilah yang bisa dipahami oleh orang-orang bisnis?

 

Direktur Unit:

Bagaimana saya bisa mengendalikan biaya TI? Bagaimana cara mengetahui untuk menggunakan TI untuk meningkatkan bisnis dan keunggulan kompetitif? Laporan langsung kepada saya semuanya memiliki gagasan teknologi yang bagus. . . bagaimana saya memilih gagasan tersebut? Bagaimana saya bisa membuat TI mengerjakan hal-hal yang dibutuhkan bisnis, dan bukan hal-hal yang dibutuhkan oleh individu? Bagaimana cara membangun bisnis dari investasi TI yang kita butuhkan?

 

Manajer TI dan para profesional:

Bagaimana kita menjelaskan kepada orang-orang bisnis apa yang sedang kita lakukan dan mengapa biayanya seperti itu? Bagaimana kita memangkas biaya dan tetap bisa memberikan pelayanan yang baik untuk bisnis? Bagaimana kita bisa bekerja paling efektif dengan rekan kerja kita dalam bisnis ini, untuk memastikan bahwa kita menangani masalah yang benar dan menghasilkan solusi yang tepat? Bagaimana kita tahu bahwa infrastruktur dan berbagai macam aplikasi yang kita kelola membuat keunikan tersendiri bagi perusahaan?

 

Contoh-contoh daftar pertanyaan para manajer di atas haruslah terjawab supaya perusahaan bisa mendapatkan/membuat keputusan yang tepat. Keputusan yang tepat akan akan membuat tindakan yang tepat, dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang tepat.