Oleh:

Yanuarita Kusuma Permata Sari, S.Sosio.,M.Med.Kom

Bagi sebagian orang, Public Relations adalah program studi yang masih asing di telinga. Mungkin banyak pertanyaan apa sebenarnya yang dipelajari di jurusan Public Relations, bagaimana peluang karir ketika sudah lulus, apakah menjanjikan ketika belajar Pubic Relations??, dan masih banyak lagi hal-hal yang dipertanyakan. Public Relations yang selanjutnya disebut dengan PR merupakan ilmu yang terbilang baru kemunculannya dari cabang ilmu komunikasi. Merupakan ilmu terapan cabang komunikasi yang fokus belajarnya adalah manajemen komunikasi yang bertujuan untuk membentuk image, identitas suatu produk atau perusahaan, menyelesaikan isu isu komunikasi perusahaan, serta yang paling penting adalah untuk mempertahankan reputasi produk atau perusahaan.

Seorang PR dituntut untuk mampu menyampaikan pesan dengan cara dan Bahasa yang tepat agar orang bisa paham pesan yang disampaikan dan tentunya supaya tidak terjadi kesalahan dalam penerimaan pesan. Oleh sebab itu perlunya dilakukan perencanaan komunikasi yang strategis dalam aktivitas yang dilakukan oleh PR. Pesan dalam berkomunikasi bukan hanya pesan verbal, tetapi juga secara nonverbal.  Pesan secara verbal yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang PR Professional untuk mengolah cara penyampaian informasi, mulai dari pemilihan kata yang digunakan dalam menyampaikan informasi hingga kapan informasi tersebut dikeluarkan ke public. Pesan nonverbal merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang PR untuk mengimbangi skill komunikasi verbal agar penampilannya lebih dipercaya oleh publik. Seorang PR Professional memperhatikan setiap detail penampilannya, Sebab orang akan lebih mudah mengingat dan tertarik pada perjumpaan awal karena penampilan yang ditunjukkan. Sebab penampilan adalah bagian dari kredibiliti seorang PR dan merupakan cara berkomunikasi secara non verbal kepada public untuk membangun image dan kredibilats sang PR.

Public Relations memiliki peluang yang amat besar untuk berkarir di perusahaan nasional dan multinasional, berinteraksi dengan klien lintas negara, dan yang tak kalah menarik adalah seorang PR juga memiliki peluang besar untuk mendirikan dan mengembangkan usahanya sendiri. Menjadi wirausahawan yang memiliki kemampuan manajemen komunikasi dan kecerdasan dalam melihat peluang usaha merupakan suatu nilai lebih bagi seorang PR. Seorang PR cerdas dalam memanfaatkan berbagai media untuk membangun image produk, menentukan pesan suatu produk sehingga masyarakat mudah mengenali produk yang dipasarkan dan mengatur strategi komunikasi pemasaran produk. Public Relations Professional mampu untuk bekerja dan bergerak di bidang apa saja, selama memiliki kemauan dan keyakinan kuat bahwa ilmu pengetahuan dan skill PR yang dimiliki dapat dikembangkan dimanapun berada serta usaha yang gigih dan tak pantang menyerah dalam menjalankan peran PR maka kesuksesan dikemudian hari akan diraih.