By Gabriella Sagita Putri

Java Jazz festival, Jazz Trafic Festival, Prambanan Jazz festival sampai Festival Jazz Gunung merupakan beberapa diantara event festival musik yang cukup ditunggu-tunggu bagi penikmat musik di Indonesia. Bahkan saat ini festival musik jazz juga diadakan di beberapa daerah dengan menyatukan konsep wisata alam dengan pertunjukan musik, seperti Pagelaran Jazz Atas Awan di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah dan Jazz Gunung yang diselenggarakan di lereng gunung Bromo Jawa Timur. Ada juga Prambanan jazz festival yang diadakan di pelataran candi Prambanan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyuwangi juga tidak mau kalah untuk menyelenggarakan event serupa, Banyuwangi Beach Jazz Festival merupakan event festival musik di Banyuwangi yang diselenggarakan sejak tahun 2013. Bupati Banyuwangi, Azwar Anas mengatakan dengan adanya event jazz pantai berpotensi memperpanjang siklus kunjungan wisatawan di Banyuwangi. Adanya event festival musik yang diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, juga di daerah lainnya seperti Banyuwangi, Malang, Jogja dan Probolinggo menjadi pertanda meningkatnya aktifitas industri kreatif saat ini.

Di tahun 2017 ini tercatat sudah lebih dari empat event jazz festival yang disenggalarakan dari awal tahun mulai Java jazz festival di jakarta sampai Prambanan jazz festival bulan agustus kemarin. Beragam event festival musik yang diadakan mulai dari kota besar sampai di daerah merupakan salah satu penggerak motor industri kreatif di masing-masing wilayah. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat berbagai kalangan dan lintas generasi menjadi value bagi masing-masing penyelenggara untuk menerapkan strategi sponsorship ke beberapa perusahaan nasional maupun lokal. BNI tercatat sebagai salah satu main sponsor dalam beberapa jazz festival seperti Java jazz festival,  Jazz Traffic festival, dan  Malang Jazz Festival. Selain itu, Indi Home juga berpartisipasi dalam Prambanan Jazz festival dan Jazz traffic festival. BCA juga sebagai main sponsor dalam perhelatan Jazz Gunung tahun ini.

Dalam dunia komunikasi pemasaran, sponsorship event merupakan salah satu strategi branding yang cukup ampuh dimana event seperti Jazz festival mampu menghadirkan ribuan audience dari berbagai segmen. Tidak hanya sebagai strategi branding, tetapi melalui event juga dapat mendongkrak revenue bagi perusahaan tersebut. Dukungan BNI dalam beberapa jazz festival di beberapa kota merupakan bentuk dukungan sekaligus kepercayaan terhadap berkembangnya industri kreatif melalui event jazz festival. BNI ingin meningkatkan brand image dikalangan muda yang dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan peluang bisnis dan awareness perusahaan dalam berbagai kesempatan BNI sebagai title sponsor juga mengungkapkan banyak produk inovasi perbankan yang dapat di-launching dan digunakan oleh pengunjung. Demikian juga brand dari perusahaan lainnya yang tidak mau ketinggalan memanfaatkan event tahunan tersebut, karena yakin tingginya antusiasme warga penikmat festival musik menjadi benefit bagi para sponsor yang terlibat. Bahkan Pemerintah Kabupaten Malang pun ikut menjadi salah satu main sponsor dalam Malang Jazz Festival, karena sebagai salah satu bentuk city branding untuk menunjang promosi pariwisata di Malang.

Dari sisi pihak penyelenggara sendiri setiap tahunnya perlu untuk melakukan inovasi atau terobosan dalam mengusung konsep acara dari pemilihan performers sampai strategi promosi. Dalam MICE, tujuan sponsorship dalam suatu event salah satunya adalah melancarkan kampanye periklanan melalui publikasi brand atau produk perusahaan yang seluas-luasnya oleh media masa yang meliput event tersebut. Tim promosi dari suatu event juga perlu mengidentifikasi karakteristik brand dan perusahaan yang akan mereka target sebagai calon sponsor, karena perusahaan tidak akan begitu saja memberikan supporting investment pada suatu event. Perusahaan pasti akan memperhitungkan benefit yang diperoleh melalui branding activation maupun selling activation dengan nilai yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

 

Sumber

http://www.suarasurabaya.net/jazztraffic/news/2017/192872-Musik-Jazz-Berpadu-Kendang-Kuntulan-Ramaikan-Festival-Jazz-di-Banyuwangi-

http://www.lensaindonesia.com/2017/08/16/jazz-traffic-festival-2017-surabaya-diguncang-300-musisi.html

https://finance.detik.com/moneter/3435631/java-jazz-festival-2017-banjiri-promo-dari-bni

http://marketeers.com/membangun-strategi-sponsorship/

http://surabaya.bisnis.com/read/20170430/4/95729/bni-dorong-transaksi-noncash-melalui-malang-jazz-festival-2017