Agung Purnomo

ITK BINUS Malang – Business Creation

agung.purnomo@binus.ac.id

4-7-2017

 

Hampir semua wirausaha di muka bumi pada era digital membutuhkan upaya pemasaran secara digital khususnya website. Keberadaaan situs web atau website seakan-akan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap bisnis. Analisis website (website analytics) digunakan sebagai landasan dari upaya pemasaran berbasis data. Analisis website dianggap sebagai kunci untuk memahami dampak dari setiap perubahan situs web atau pemasaran digital yang anda lakukan. Tanpa analisis website yang representatif, anda membuat keputusan dengan informasi terbatas dalam website bahkan bisnis.

Analisis website secara makro dapat dipahami sebagai seperangkat metodologi strategis yang diterapkan untuk memaksimalkan aktivitas online dan e-commerce. Analisis Website mengekstrak dan mengkategorikan data kualitatif dan kuantitatif untuk mengidentifikasi dan menganalisa pola dan tren di dalam dan di luar website. Teknik dan persyaratan analitik bervariasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Layanan analisis website dapat dilengkapi dengan sumber terkait, termasuk tingkat respons pemasaran email, surat langsung, data penjualan dan data kinerja situs web.

Analisis Website secara mikro dikenal sebagai proses menganalisis perilaku pengunjung ke situs Website. Penggunaan analisis Website dikatakan memungkinkan bisnis menarik lebih banyak pengunjung, mempertahankan atau menarik pelanggan baru untuk barang atau jasa, atau untuk meningkatkan jumlah rupiah yang dihabiskan setiap pelanggan.

Jika jumlah penjualan adalah satu-satunya metrik anda, maka anda akan kesulitan  mendiagnosis masalah yang terjadi sebelum penjualan. Misalnya, kurangnya penjualan bisa memberi kesan adanya masalah konversi atau mungkin tidak ada yang mengunjungi situs Anda. Pada tingkat paling dasar, analisis situs web Anda dapat memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda. Tapi juga bisa memberi tahu Anda bagaimana mereka sampai di sana dan apa yang mereka lakukan begitu mereka tiba.

Referensi:

Daniel McClure. 2017. Why You Need Website Analytics For Your Business. https://themodernentrepreneur.com/website-analytics/

Gregory Ciotti. 2017. Best Web Analytics. http://www.sparringmind.com/best-web-analytics/

Techopedia. 2017. Web Analytics. https://www.techopedia.com/definition/1619/web-analytics

Techtarget. 2005. Web Analytics. http://searchcrm.techtarget.com/definition/Web-analytics