People Innovation Excellence

LEBARAN

Oleh: Dr. Kukuh Lukiyanto

 

Momen lebaran merupakan acara tahunan yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia, terlepas mereka merayakan Idul Fitri maupun tidak. Momen lebaran adalah saat dimana hampir semua perusahaan memberikan libur bersama bagi karyawan. Situasi ini dimanfaatkan banyak orang untuk pulang kekampung halaman masing-masing berkumpul dengan sanak saudara atau yang lebih popular dengan istilah ‘ mudik ’. Dalam masa-masa ini biasanya dipakai untuk saling berkunjung ke sanak saudara, teman dan kenalan. Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu akhirnya muncul gagasan bertemu bersama-sama disatu tempat yang disepakati atau biasa dikenal dengan reuni.

Dari sisi entrepreneur, masa lebaran dengan tradisi mudiknya memunculkan banyak peluang. Kegiatan-kegiatan masyarakat yang ada bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran ataupun proses penjualan. Kesempatan bertemu banyak orang dekat bisa dipakai untuk memperkenalkan usaha atau produk yang dimiliki. Kedekatan hubungan jika dimanfaatkan dengan baik akan memunculkan potensi penambahan customer loyal. Mereka yang sebelumnya hanya mengenal secara pribadi bisa diarahkan untuk mengenal usaha atau produk yang dimiliki.

Selain memunculkan peluang bagi seorang entrepreneur, lebaran merupakan moment yang berat bagi sebagian entrepreneur. Perusahaan ditinggalkan oleh semua karyawannya sementara mereka tetap harus beroperasi atau menjalankan usahanya. Perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, jasa angkutan, restoran dan sebagainya adalah perusahaan yang mengalami masa sulit di moment lebaran. Satu sisi moment ini adalah peluang untuk mendapatkan omset yang besar, tetapi disisi lain sebagian besar karyawan harus libur. Disinilah tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha.

Salah satu solusi yang diambil pengusaha menghadapi kondisi ini adalah dengan mengatur jadwal libur karyawan, tentu ada kompensasi yang harus diberikan dan mungkin nilainya juga cukup besar. Selain itu ada juga pengusaha yang terpaksa harus mengerjakan semua pekerjaannya sendiri atau dibantu anggota keluarga untuk tetap bisa beroperasi dan tidak kehilangan peluang. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan UKM dan start-up.

Melihat kondisi diatas, seorang entrepreneur harus bisa membaca situasi. Sebuah keadaan bisa menjadi peluang tetapi juga bisa menjadi ancaman bagi keberlangsungan usaha. Selain itu seorang entrepreneur juga dituntut belajar strategi, ketika ancaman atau peluang itu datang strategi apa yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan atau untuk berkembang. Dengan menguasai kedua hal itu niscaya usaha atau perusahaan akan siap menghadapi segala macam keadaan. Salam Sukses


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close