Riesta Devi Kumalasari, S.E, M.M

Perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat Indonesia menginginkan semua hal yang serba praktis. Salah satunya adalah aktivitas berbelanja yang dapat dilakukan dengan bersantai di rumah, di sela kegiatan kantor atau di tengah berbagai macam kesibukan lainnya. Hal ini memicu para pebisnis / perusahaan untuk menyediakan layanan online pada store mereka. Karena mau tidak mau para pebisnis ini harus memasuki dunia persaingan bisnis online agar tetap dapat bersaing dengan pebisnis lainnya dalam rangka survive. Adanya dukungan teknologi informasi membuat pebisnis dapat melakukan transaksi dengan para pembelinya dimanapun dan kapanpun tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Bisnis online yang dilakukan oleh para pebisnis biasanya menggunakan jaringan media sosial internet karena mengandung berbagai macam sumber informasi yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Karena internet dapat menjangkau semua wilayah – wilayah potensial dan cepat dalam  menyampaikan berbagai informasi secara universal, berkualitas, dan hampir tidak memerlukan biaya (Adelaar, 2000; Talha et al.). Internet juga memiliki daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun sebuah organisasi atau komunitas misalnya dalam kenyamanan, akses 24 jam sehari, efisiensi alternatif ruang maupun pilihan yang relatif tak terbatas, personalisasi, sumber informasi potensial, dan lain-lain (Chandra, 2001). Saat ini, hampir semua transaksi bisnis dapat dilakukan melalui jaringan internet dan Smartphone. Adanya kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dan smartphone inilah yang disebut dengan bisnis online. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan berlangsungnya bisnis online ini. Salah satunya adalah para pembeli tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga untuk mendapatkan sebuah barang yang diinginkannya. Pembeli secara praktis bisa mendapatkan apa pun yang diinginkannya hanya dengan menjelajah internet saja.

Kemajuan teknologi ini akhirnya dimanfaatkan oleh para pebisnis online yang memiliki market place seperti Zalora, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, SaleStock, Shopee, dll dalam memasarkan dan menjual berbagai macam produknya di internet bahkan dengan mobile application yang dapat di download pada smartphone para customer. Kemudahan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen saat ini menjadi sebuah peluang bagi toko – toko online untuk memasarkan produk-produknya. Mereka saling bersaing agar bisa merebut hati para konsumen dengan berbagai masing – masing produk andalan yang mereka tawarkan.