Banyak pakar megatakan hal yang sama bahwa “ kreatiif “ merupakan syarat utama seorang entrepreneur. Ada pula yang mengatakan kreatif adalah kompetenasi dasar yang harus dialami oleh seorang entrepreneur. Sekarang yang menjadi pertanyaan, kreatif seperti apa yang menjadi syarat dan kompetensi dasar seorang entrepreneur ?

Mengartikan kata kreatif, kita sering terjebak dalam pemikiran bahwa hanya mereka yang berdarah seni adalah orang-orang kreatif. Kreatif merupakan sesuatu yang berhubungan dengan seni / art sehingga tidak diperlukan oleh kita yang tidak berbakat seni. Pandangan seperti ini tidak bisa dibenarkan, kreatif dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan : memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan. Secara umum bisa diartikan orang kreatif adalah orang yang mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari biasanya,  termasuk dalam kegiatan yang terkait bisnis.

Lalu apa perlunya hal ini dalam bisnis ? Seorang entrepreneur  harus mengetahui cara berpikir kreatif karena berkembang atau tidaknya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas pemilik.  mungkin sebuah bisnis saat ini maju tetapi perubahan akan bisa terjadi kapan saja. Ketika bisnis sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada, kreativitas entrepreneur diperlukan untuk mengubah cara  menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar. Untuk itu, seorang pebisnis harus kreatif, artinya menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh pasar.

Bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Seperti seseorang mengendarai mobil, dia bisa dengan cepat mengganti persneling karena sudah terlatih atau terbiasa.  Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus dilatih dan dibiasakan. Setelah terlatih dan biasa maka otomatis akan cepat berpikir kreatif.

Dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, pertama kali yang harus dilakukan adalah memperbaiki mental dan kemudian meningkatkan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental masih belum kreatif, maka kreativitas akan sulit muncul. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga.

Untuk mencapai itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika Anda tidak mau menerima yang baru maka  ide-ide hebat tidak akan muncul.  Salam Sukses