Oleh: Yudhistya Ayu Kusumawati

(Faculty Member of Visual Communication Design Binus@Malang)

Logo merupakan suatu identitas visual yang digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu (Hardy, 2011). Dengan adanya logo dapat membantu audiens untuk mengenali suatu merek. Misalnya ketika melihat busur emas,  maka seketika konsumen akan sadar bahwa itu merupakan logo Mc Donalds. Atau ketika melihat tiga buah garis miring kita akan mengenali itu merupakan logo dari Adidas. Lalu bagaimana mendesain logo yang baik? Dibawah ini terdapat 5 prinsip logo yang wajib untuk diketahui:

  1. Simple

Logo yang baik merupakan logo yang simple atau sederhana. Logo yang sederhana akan memudahkan audiens untuk mengenalinya. Terutama ketika logo diaplikasikan dalam sebuah billboard di pinggir jalan.

Beberapa Logo dari merek-merek terkenal memiliki desain yang simple dan minimalis, antara lain adalah logo Mc Donald. Mc Donald merupakan salah satu rumah makan siap saji dari Amerika Serikat yang terkenal dengan produk hamburgernya. Dalam logo Mc Donalds, Huruf “M” menggunakan bentuk lengkungan yang menyerupai busur panah berwarna emas dengan desain yang sederhana. Kedua adalah Logo Apple Computer. Dalam logo Apple computer menggunakan bentuk buah apel yang telah digigit (bitten apple). Logo apel yang sederhana tersebut mampu bertahan sejak 1977 sampai dengan sekarang.

Terakhir adalah Adidas yang merupakan produsen peralatan olahraga terbesar di Eropa. Logo Adidas yang terkenal dengan tiga buah garis balok yang disusun menyerupai segitiga.

  1. Memorable

Sebuah logo yang efektif adalah logo yang gampang diingat. Hal tersebut diperoleh dari prinsip logo sebelumnya yaitu logo yang simple. Seperti yang telah disebutkan diatas, logo Mc Donalds yang sederhana dan mudah diingat. Di beberapa kasus, peneliti pasar menemukan anak-anak bisa mengenali logo merk bahkan sebelum mereka bisa ingat namanya sendiri.

  1. Timeless

Logo yang baik merupakan logo yang tak lekang oleh waktu. Berapa lama logo perusahaan tersebut akan mampu bertahan? 10 tahun, 20 tahun ataukan 50 tahun.

Sebagai contoh logo yang timeless adalah Coca-Cola. Gambar logo Coca-Cola pertama kali dirancang oleh Frank Mason Robinson pada tahun 1885 dengan ide untuk menggunakan nama “Coca-Cola” dalam logo dan menggunakan jenis huruf Spencerian untuk script sehingga logo tampak unik. Logo diumumkan pada tahun 1887 dengan embel-embel tulisan “Trade Mark” pada ekor Huruf “C” dari tulisan Coca. Logo coca-cola hampir tidak mengalami perubahan yang signifikan sejak 1887.

  1. Versatile

Sebuah logo yang efektif harus dapat diaplikasikan diberbagai medium. Oleh karena itu logo seharusnya bersifat fungsional, bisa ditempatkan baik secara vertical maupun horizontal. Dapat juga diletakkan di media cetak maupun media elektronik.

Maka akan memunculkan pertanyaan logo akan efektif apabila: dicetak dalam satu warna, dicetak dalam ukuran besar maupun dalam skala yang kecil, dicetak dalam ukuran yang sangat besar seperti halnya billboard atau juga dicetak dalam background yang berwarna gelap maupun berwarna terang.

Untuk menghasilkan logo yang bersifat serbaguna biasanya terlbeih dahulu mendesain logo dalam format hitam putih. Hal tersebut difokuskan pada bentuk can konsep dari sebuah logo dibandingkan penggunaan warna. Selain itu, hal tersebut juga mempertimbangkan biaya cetak untuk hitam putih atau full color.

  1. Appropriate

Terakhir dan tak kalah penting adalah logo tersebut harus pantas. Yang dimaksud dengan pantas disini adalah apakah logo tersebut sudah mampu mewakili perusahaan sesuai dengan tujuan perusahaan. Misalnya logo untuk produk anak-anak, atau logo untuk produk-produk orang dewasa disesuaikan dengan pemilihan warnanya, ilustrasi maupun pemilihan font.

 

Sumber:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Hardy, Gareth. (2011). Smashing Logo Design The Art of Creating Visual Identities. United Kingdom: John Wiley & Son. Ltd