Mengenal Metode Belajar “Video Based Learning”

Menonton video bagi kebanyakan orang merupakan hal yang biasa dilakukan dalam kesehariannya. Saat ini kemudahan memutar video membuat eksistensi multimedia tersebut semakin banyak diminati. Kita bisa menonton sebuah video dari televisi, komputer, dan juga handphone yang sehari-hari digunakan. Video dibuat memiliki tujuan yaitu menyampaikan sebuah pesan yang dapat diterima dan mudah diingat bagi setiap orang yang menontonnya. Sehingga video umumnya digunakan untuk kepentingan umum dengan berbagai isi pesan yang disampaikan.

Video juga digunakan sebagai media untuk belajar bagi  setiap jenjang pendidikan. Dimulai dari siswa jenjang sekolah dasar hingga pelajar jenjang pendidikan tinggi seringkali menggunakan video dalam kegiatan belajar. Dalam dunia pendidikan hal tersebut dikenal dengan istilah video based learning atau belajar berbasis video. Video based learning adalah penyampaian pengetahuan atau ketrampilan dengan menggunakan video. Video untuk belajar harus memiliki sedikitnya dua elemen yaitu visual dan audio. Elemen visual berguna untuk menyediakan sumber utama informasi yang mudah dipahami dan dilaraskan dengan elemen audio yang digunakan untuk menguraikan informasi.

Namun yang sekarang menjadi pertanyaan, mengapa harus menggunakan video ? Apakah yang menjadi kelebihan video bila digunakan saat belajar ? Berikut alasannya :

1. Efektif dan Efisien

Belajar menggunakan video lebih efektif dalam menjelaskan suatu informasi yang bersifat abstrak dalam waktu yang singkat. Semakin sedikit durasi dari video tersebut, maka pembelajaran dapat lebih bermakna, karena peserta justru bisa lebih mudah memahami dengan video yang singkat namun mencakup seluruh informasi , dibandingkan dengan video durasi panjang yang cenderung memmbosankan. Saat ini produksi video bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang terjangkau , anda dapat menggunakan kamera bahkan ponsel anda sendiri serta hasilnya pun dapat digunakan berkali-kali.

2. Pengalaman Belajar yang Baru

Belajar menggunakan video akan memberikan pengalaman belajar yang baru bagi peserta. Hal tersebut karena video dapat menghadirkan sentuhan hiburan saat belajar sehingga proses belajar tidak harus selalu menegangkan dan membosankan. Pengalaman baru akan lebih dirasakan lagi bila peserta tersebut disajikan video interaktif. Keterlibatan peserta akan sangat dibutuhkan saat video tersebut dijalankan, sehingga akan tertanam suatu pengalaman baru bagi peserta tersebut.

3 . Mudah Dimengerti

Video untuk belajar dibuat dengan gambar yang bersifat realistis, didukung dengan desain grafis dan minim teks sehingga memudahkan peserta memahami informasi yang disampaika. Pelajar mengamati gambar yang diperlihatkan, mengasimilasi nilai pengetahuan dan menyerap keterampilan yang disajikan dengan lebih mudah.

4. Mendukung Pembelajaran Aktif

Video interaktif memberikan kesempatan bagi pelajar untuk berperan aktif saat belajar. Video interaktif baru bisa berjalan apabila ada respon atau interaksi dari peserta yang menggunakannya. Tentunya dengan aktif memberikan pengalaman langsung yang tentunya akan diingat oleh peserta tersebut.

Sumber :

elearningindustry.com

Gambar : Unsplash.com

Grace Natalin