Artikel ini merupkana lanjutan dari artikel sebelumnya yang dapat anda baca pada halaman terkait.

3. MENGALIR

Ada 8 hal yang membutuhkan keahlian baru untuk diciptakan. Sukses tak lagi dilihat dari penguasaan distribusi, distribusi yang otomatis lah yang merupakan hal penting,

Kedelapan kualitas ini membutuhkan keahlian baru untuk pencipta. Sukses tidak lagi diperoleh dari penguasaan distribusi. Distribusi hampir otomatis; itu semua mengalir.

Keterampilan teknis perlindungan salinan tidak lagi berguna karena Anda tidak dapat berhenti meng-copy.

4. FILTERING

pada 30 tahun mendatang, fungsi dari perpustakaan dapat anda temukan dalam handphone anda. Bahkan bayangkan, universal library dengan koleksinya yang cukup banyak dapat ada di genggaman anda. Sehingga fungsi dari library fisik tidak lagi perlu.

5. MENGAKSES

Kepemilikan tidak sepenting dulu. Mengakses lebih penting dari sebelumnya.

Lima tren teknologi yang dalam mempercepat langkah jangka panjang menuju akses dan jauh dari kepemilikan.

A. Dematerialization

The trend in the past 30 years has been to make better stuff using fewer materials.

B. Real-Time On Demand

Uber, layanan taksi on-demand, telah mengganggu bisnis transportasi karena menggesernya dengan konsep on-demand.

C. Desentralisasi

Perekat yang menyatukan institusi dan proses saat mereka mengalami desentralisasi besar-besaran adalah komunikasi yang murah dan ada di mana-mana.

D. Platform

Tempat dimana perusahaan membuat pondasi yang memberi kesempatan bagi perusahaan lain menjual servis dan produknya di platform yang mereka buat.

E. Clouds

Awan adalah koloni jutaan komputer yang dikaitkan bersama sebagai komputer besar tunggal.

6. BERBAGI

1. Berbagi

• Publik online memiliki keinginan yang luar biasa untuk berbagi.

2. Kerjasama

• Ketika individu bekerja bersama menuju tujuan skala besar, hal tersebut menghasilkan hasil yang muncul di tingkat kelompok.

3. Kolaborasi

• Mari lihat contoh ratusan proyek perangkat lunak sumber terbuka, seperti sistem operasi Linux, yang menopang sebagian besar server web dan sebagian besar ponsel cerdas.

4. Kolektivisme

7. Filtering

Segala macam penyaringan diciptakan untuk menangkal kebingungan yang dikarenakan pilihan yang banyak. Banyak dari filter ini bersifat tradisional dan masih berfungsi dengan baik, misalnya; menyaring berdasarkan merk, lingkungan, atau hal yang kita senangi.

8. PENGGABUNGAN

Karena seseorang dapat menggabungkan ratusan teknologi yang lebih sederhana dengan ratusan ribu teknologi yang lebih kompleks, ada banyak kemungkinan teknologi baru, tetapi semuanya merupakan penggabungan.

9. INTERAKSI

Virtual reality (VR) adalah dunia imitasi yang terasa benar-benar otentik.

Dalam beberapa dekade mendatang dan akan terus diperluas dengan apa kita berinteraksi selanjutnya, misalnya: lebih perasa, lebih intim, dan lebih tenggelam: Perhitungan VR menjadi sangat dekat sehingga kita berada di dalamnya. Dari dalam dunia yang diciptakan secara teknologi, berinteraksi satu sama lain dengan cara baru (realitas virtual) atau berinteraksi dengan dunia fisik dengan cara baru (augmented reality).

Teknologi menjadi kulit kedua.

10. PELACAKAN

Kita dapat melihat contohnya pada alat kedokteran dimana kita dapat membaca hasil medis dengan kata kata atau gambar singkat.

Bayangkan bila nanti di 30 tahun kedepan, alat dapat membaca apa yang pernah terjadi didalam hidup kita. Ingatan dapat dicari dan dibagikan.

11. BERTANYA

Kita dapat bertanya apapun di dalam website dan jawaban apapun tersedia. Sehingga kita tidak perlu bertanya kepada orang sekitar kita atau menemukan jawabannya dengan cara kompleks.

12. AWAL

Buku ini menjelaskan tentang berbagi, mengakses, melacak, datang untuk mendominasi institusi dan kehidupan pribadi kita.

Sebagai fase baru kongesti, kekuatan-kekuatan ini akan terus meningkat.

Berbagi, meskipun berlebihan bagi sebagian orang sekarang, namun ini baru saja dimulai. Peralihan dari kepemilikan ke akses baru saja dimulai. Arus dan aliran masih terus mengalir.

Meskipun sepertinya kita sudah melacak banyak hal, kita akan melacak ribuan kali lebih banyak dalam beberapa dekade mendatang. Masing-masing dari fungsi-fungsi ini akan dipercepat oleh pengenalan berkualitas tinggi, yang baru saja dilahirkan, membuat hal-hal terpintar yang kita lakukan terlihat sangat bodoh.

Tidak ada yang final.

Transisi ini hanyalah langkah pertama dalam suatu proses, proses dari menjadi.

Yang mana adalah sebuah “Awal”.