(Yang tak terhindarkan: Memahami 12 Kekuatan Teknologi yang Akan Membentuk Masa Depan Kita)

Adalah sebuah panduan bagaimana menghadapi perkembangan teknologi yang akan membentuk 30 tahun kedepan dan dapat mengubah hidup kita.

Buku ini menjelaskan arahan untuk optimis dengan masa depan, menunjukkan bagaimana perubahan dalam hidup kita di masa depan, menunjukkan bagaimana perubahan yang akan terjadi dalam kehidupan, mulai dari realitas virtual dirumah hingga proses ekonomi.

Inilah beberapa hal yang dapat dipelajari dari buku tersebut:

Terbiasa dengan komentar industri dan media khususnya yang seringkali memandang perkembangan teknologi sebagai suatu hal yang negatif.

Mengubah pola pikir yaitu “menjadi, dan bukan tujuan”. Dalam keadaan ini, kita terus-menerus melihat peningkatan kecil dan bertahap dalam kehidupan sehari-hari, daripada lompatan besar dalam kemajuan teknologi. Misalkan dalam update aplikasi regular atau peningkatan perangkat keras baru. Pada buku ini kita tidak melihat jangka pendek, namun melihat 30 tahun kedepan.

Manusia tidak perlu takut robot mengambil pekerjaan; robot akan melakukan tugas yang tidak bisa kita lakukan, tidak ingin kita lakukan, dan bahkan tidak tahu bisa dilakukan, membebaskan kita untuk menemukan pekerjaan baru untuk diri kita sendiri, dan tugas baru yang memperluas siapa diri kita.

Ringkasan yang tak terhindarkan:

1. MENJADI

Kehidupan teknologi di masa depan akan menjadi serangkaian peningkatan tanpa akhir. Newbie tanpa akhir adalah default baru untuk semua orang, terlepas dari usia atau pengalaman Anda.

2. PENGETAHUAN

Tiga terobosan baru-baru ini telah meluncurkan kedatangan kecerdasan buatan yang telah lama ditunggu-tunggu.

1. Perhitungan paralel yang murah

2. Big Data (Setiap Kecerdasan harus diajarkan)

3. Algoritma

Munculnya AI tidak mengurangi kesempatan kerja manusia. Justru sebaliknya.

AI dengan kemutakhirannya menginspirasi lebih banyak orang daripada sebelumnya untuk menemukan kesempatan baru, di lebih banyak hal baru dari yang belum ada sebelumnya, dimana manusia juga dituntut untuk menjadi lebih baik dan pintar.

Kita harus membuat dunia seolah mengalir, dimana informasi menjadi lebih lancer dan mengikuti kehidupan kita secara real-time.

Bila AI dapat membuat manusia menjadi pekerja yang lebih baik, maka alasan adanya AI sesungguhnya ialah untuk membantu kita menjadi pilot, doctor, ataupun pengajar yang lebih baik.

———–

Rangkuman buku ini merupakan part kesatu, klik disini untuk melihat part II.