Infografis, Dua Sisi Informasi

Informasi yang menggunakan elemen visual lebih mudah diingat dibanding hanya menggunakan teks. Menurut riset, otak merespon informasi yang berbentuk visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Orang cenderung untuk mudah mengerti informasi yang diberikan jika terdapat elemen visual di dalamnya. Selain itu informasi yang menggunakan konten visual lebih sering dibagikan di media sosial dan menjadi viral.

Salah satu elemen visual sebagai keberhasilan konten ialah infografis. Infografis adalah gambar yang berbicara, dalam arti informasi yang disampaikan berupa data statistik dan fakta yang dikemas dalam bentuk tampilan grafis yang menarik dan efektif dalam penyampaian informasi.

Lalu bagaimanakah membuat konten infografis yang menarik, efektif dan kredibel dalam keberhasilan menyampaikan informasi? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan infografis yang baik :

Tentukan topik dan target audience
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi yang sedang trending. Gunakan media kredibel agar infografis yang akan dibuat bisa dipertanggungjawabkan. Semakin banyak referensi yang Anda gunakan semakin baik. Selain itu sesuaikan juga informasi yang akan disampaikan dengan segmen yang ingin disasar.

Data dan fakta
Tantangan dalam perkembangan media sosial yang begitu besar salah satunya untuk menangkal informasi yang bersifat hoax adalah menjelaskan dalam bentuk data, fakta dan statistik. Tentunya data dan fakta harus akurat, kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Anda bisa mendapatkan data statistik terbaru dari lembaga riset terpercaya atau riset terbatas untuk pembuatan infografis internal.

Keep it Simple
Syarat utama dalam pembuatan infografis menarik dan mudah dicerna adalah tampilan grafis yang sederhana. Tampilan yang sederhana dan konsisten bisa berupa pembatasan warna, menghindari objek grafis yang terlalu rumit, tambahan icon sebagai komponen pendukung, penggunaan teks yang tidak terlalu panjang lebih ke poin-poin yang ingin ditonjolkan. Semuanya ditampilkan dalam tampilan layout yang lebih banyak memberikan ruang agar lebih fokus.

Mendorong orang lain untuk share
Jika infografis membuat orang tertarik untuk melihat dengan harapan selanjutnya adalah membagikannya kepada orang lain. Menggunakan kalimat tampilan grafis yang menarik tentunya akan mengundang orang lain melihat dan dengan harapan selanjutnya adalah membagikannya pada orang lain. Sumber menyebutkan bahwa informasi berupa Infografis disukai dan dibagikan di media sosial 3x lebih banyak daripada jenis konten yang lain. Selain itu pemilihan media sosial yang cermat akan membuat informasi yang disampaikan tepat sasaran.

Kesimpulannya Infografis menjadi konten menarik dan tidak membosankan karena dapat melihat informasi dari dua sisi, data dan grafis. Hal itu tentunya akan membuat orang lain tertarik dan menceritakan berdasarkan data dan fakta. Selain itu desain infografis yang baik adalah ketika berhasil menyederhanakan data membuat tampilan visual yang artistik dan mudah dimengerti.

 

* * *