Interface BINUS Mobile

Smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Kita dapat mencari informasi-informasi yang kita butuhkan dengan sangat cepat dan mudah dengan menggunakan perangkat tersebut. Berdasar perkembangan tersebut, BINUS UNIVERSITY pun turut mengembangkan aplikasi mobile untuk lebih mengoptimakan penyampaian informasi serta aktivitas akademis. Digital-Media Development dalam hal ini mengambil peran sebagai desainer user-interface, sedang untuk pengembangan programming-nya dilakukan oleh tim lain. Sebagai langkah awal dikembangkanlah BINUS Mobile dalam versi android.

Dalam membuat desain interface BINUS MOBILE, kami mencoba untuk melihat tren yang sedang berkembang terutama pada android. Sudah banyak aplikasi android yang menerapkan aturan desain terbaru dari Google yaitu Google Material Design. Sehingga kami memutuskan untuk menggabungkan beberapa prinsip Google Material Design dengan gaya desain yang sudah kami gunakan pada beberapa aplikasi website BINUS UNIVERSITY terutama mengkaitkannya dengan corporate identity yang dimiliki oleh BINUS.

Warna

Salah satu prinsip Google Material Design yang dianut adalah menggunakan warna-warna yang cerah, kontras yang tinggi dan menggunakan efek bayangan. Jadi, kami menggunakan warna utama korporasi BINUS UNIVERSITY dan mengaplikasikan sedikit efek bayangan. Pendekatan tersebut diharapkan dapat membuat aplikasi ini terlihat lebih sederhana namun tetap terlihat baik.

Layout

Kami juga mengaplikasikan komponen desain berbentuk kartu. Karena dalam satu tampilan kartu, kami dapat mengaplikasikan teori Gestalt – Proximity untuk menampilkan beberapa informasi yang saling berhubungan. Sehingga mahasiswa dapat dengan jelas mengelompokkan bagian-bagian informasi dengan baik.

Kami mendapatkan banyak sekali pembelajaran dalam membuat aplikasi ini terutama prinsip desain terbaru dari Google. Kedepannya, kami akan mencoba mengaplikasikan tampilan BINUS Mobile pada IOS dari Apple.

* * *