BINUS Breaking News & Highlight: WordPress Based Newsletter Generator

oleh Fikri Rasyid & Eka Hardiningtyas

BINUS University sebagai korporat memiliki dua newsletter yang ditujukan untuk karyawan, yakni BINUS Highlight dan Breaking News. BINUS Highlight merupakan newsletter mingguan yang berisikan kompilasi berita terbaru dari berbagai biro dan unit yang dimiliki oleh BINUS. BINUS Breaking News merupakan newsletter dengan frekuensi lebih sering yang berisikan satu berita utama yang perlu diketahui oleh seluruh karyawan BINUS. Setelah berjalan cukup lama, akhirnya diputuskan bahwa konten newsletter yang selama ini di-generate secara manual melalui email client membutuhkan layout yang lebih “representatif” sehingga tim Digital-Media Development DMD mendapatkan tugas untuk meng-upgrade mekanisme pengiriman newsletter ini.

Jawaban DMD untuk tantangan ini adalah “jangan hanya berhenti di layout yang lebih ‘representatif'” saja. Mari kita buat agar:

  1. Newsletter dapat dibuat dengan mudah
  2. Konten newsletter terintegrasi dengan konten lain yang sudah ada
  3. Memiliki mekanisme pengarsipan yang lebih baik.

Better Interface

Pada tampilan Breaking News dan Highlight sebelumnya, pengkategorisasian belum dirasakan jelas sehingga informasi yang didapatkan pembaca kurang maksimal, atau bahkan dari survei singkat yang dilakukan ke beberapa orang karyawan, informasi tersebut malah langsung ditempatkan pada kotak “SPAM”, karena dianggap mengganggu dan kalaupun ingin dibaca sulit untuk dilakukan. Berikut penjabaran kekurangan layout Breaking News dan Highlight dan perbaikan desain yang kami lakukan:

breakingnews dan highlight-03
(Kiri) tampilan Highlight sebelumnya
(Kanan) Tampilan Breaking News sebelumnya

1. Highlight

  • Kategorisasi berita belum maksimal dikarenakan isi update berita yang terlalu banyak, atau terlalu sedikit dari masing-masing  unit bisnis. Ketidak berimbangan konten berita antara unit bisnis yang satu dengan yang lainnya tersebut menyebabkan penggunaan scroll yang terlalu panjang. Walaupun adanya button tag yang dilarikan ke informasi pada unit bisnis yang dituju pada bagian atas, namun setelah berada pada berita/informasi pada business unit tersebut tidak dapat langsung kembali ke menu dan tetap harus kembali melakukan scrolling.
  • Warna yang digunakan tidak semua sesuai dengan warna korporat masing-masing unis bisnis di Bina Nusantara.
  • Pembagian kolom antar kolom unit bisnis kurang konsisten.

2. Breaking News:

  • Secara korporat tampilan Breaking News diletakkan dibawah yayasan, namun berisikan informasi dari masing-masing business unitnya. Pengkategorisasian seperti itu kami rasa kurang tepat, karena secara tampilan akan muncul dua warna koprorat dari Bina Nusantara dan warna korporat unit bisnis di dalam satu berita.  Sehingga kami menggunakan kategorisasi berdasarkan masing-masing uni bisnis dan warna unit bisnis itu tersendiri.
  • Tidak terlihatnya hirarki dalam berita, informasi yang lebih penting tidak terlihat lebih menonjol

Untuk menjaga koherensi dengan tampilan yang diaplikasikan pada situs-situs BINUS, beberapa elemen desain disesuaikan dengan standard graphic manual yang digunakan pada BINUS. Beberapa elemen yang dipertahankan dapat ditemukan pada:

  1. Penggunaan framing pada layout
  2. Penggunaan warna disesuaikan dengan warna korporat Bina Nusantara dan masing-masing business unitnya
  3. Penggunaan palet warna yang serupa pada area footer
  4. Pembagian kolom yang konsisten

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang perlu dipertahankan dan dikembangkan, desain untuk Breaking News dan Highlight pun dibuat:

Tampilan Breaking News setelah diredeign
Tampilan Breaking News setelah diredeign

 

tampilan Highlight setelah di redesign
tampilan Highlight setelah di redesign

What You See Is What You Send

Salah satu alasan BINUS menggunakan WordPress adalah kemudahan penggunaan. Akan sulit mengharapkan pengelola website untuk meng-update website  bila mereka ingin meng-update kontennya saja tidak mudah. Hal yang sama terjadi dalam kasus newsletter: layout newsletter sebagus apapun akan menjadi percuma jika cara mengisi kontennya susah. WordPress dengan segala extensibility-nya memberikan peluang yang sangat besar untuk menjadi fondasi untuk membuat newsletter generator. Berikut tampilan editor dalam Highlight dan Breaking News

Tampilan editor Breaking News
Tampilan editor Breaking News
Tampilan Editor Breaking News, Admin dapat mengedit langsung pada kolom
Tampilan Editor Breaking News, Admin dapat mengedit langsung pada kolom
tampilan editor pada Highlight dimana admin dapat langsung mengganti Business Unit
tampilan editor pada Highlight dimana admin dapat langsung mengganti Business Unit
Editor Highlight dapat mengakomodir ragam berita dan informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing Business Unit
Editor Highlight dapat mengakomodir ragam berita dan informasi
sesuai dengan kebutuhan masing-masing Business Unit