TEACH FOR INDONESIA

Kali ini kami berkesempatan membantu mengembangkan tampilan web untuk TFI atau Teach For Indonesia. TFI sebagai bagian dari Bina Nusantara merupakan community program yang concern terhadap aspek pembelajaran  dengan konsep pembinaan komunitas yang bertujuan agar komunitas tersebut dapat mandiri dan dapat meningkatkan kualitas hidup komunitas tersebut khususnya bagi perkembangan masa depan anak-anak.

Proses pengembangan web ini diawalai dengan mencari pembanding serta rujukan web-web yang serupa (Non-Profit Websites) dan menganalisa elemen-elemen yang dibutuhkan untuk web non-profit/sosial. Kami mendapatkan kesimpulan bahwa dalam mendesain sebuah web untuk program sosial, kita harus dapat mempermudah pencarian informasi bagi user yang ingin mengetahui tentang informasi program sosial tersebut, pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, cara untuk melakukan donasi, cara untuk terlibat/volunteer dan harus dapat dengan mudah dicari oleh jurnalis.

Selanjutnya kami menerapkan konsep single-page, namun tidak 100% hanya 1 halaman web saja. Dikarenakan masih ada informasi-informasi pendukung yang harus ditampilkan pada halaman lain seperti halaman kontak, tentang TFI, press center, dll. Untuk warna, kami menggunakan dominan warna merah dan putih yang terinspirasi dari warna perjuangan Indonesia dan dari logo TFI sendiri. Kami juga menerapkan white-space agar setiap konten lebih jelas pembagiannya.

Web TFI sendiri kami kembangkan untuk ramah dengan perangkat tablet, seperti :

  • Ukuran lebar konten sebesar 640 pixel.
  • Line-Height yang tinggi untuk body copy agar dapat terbaca dengan baik dan nyaman.
  • Ukuran button yang tidak terlalu kecil, minimal memiliki tinggi 40 pixel.

Berikut ini adalah capture dari web TFI.

Home - Top
Home – Top
Home - Middle
Home – Middle
Home - Footer
Home – Footer
Inside Page Preview
Inside Page Preview